Jelang <i>El Clasico</i>, Barcelona Kalahkan Madrid di AS
El Clasico (Foto: MARCA)

Bagikan:

JAKARTA - Menjelang El Clasico pertama musim 2020/21 pada hari Sabtu, Barcelona telah meraih kemenangan di salah satu pertarungan proksi luar lapangan dengan membuktikan bahwa Los Blaugrana lebih populer dari Real Madrid di Amerika Serikat (AS). 

Popularitas sepak bola Eropa di Amerika sedang meningkat. Sementara Spanyol, memiliki prioritas yang agak lebih besar saat ini dalam hal siapa yang akan menguasai Gedung Putih pada tahun 2021,

Sebagai bagian dari studi yang dilakukan pada tahun 2016, Gilt Edge Soccer Marketing menemukan bahwa tim yang paling didukung di AS adalah Barcelona dan Real Madrid, dalam urutan itu. 

Empat tahun kemudian, studi ini telah diatur ulang dan diperpanjang dengan mempertimbangkan liga utama Eropa, dengan Liga Premier, La Liga Santander dan Bundesliga menjadi yang terbesar. 

Jumlah pencarian di google dan jejak digital yang tersisa di postingan Facebook masing-masing klub membantu membangun data ini.

Dengan demikian, kesimpulan pertama bahwa 60 persen dari tim-tim yang paling didukung di AS berasal dari Liga Premier, meskipun tidak ada yang berada di posisi paling atas. 

Barcelona dan Real Madrid menempati dua posisi teratas, meskipun raksasa Catalan-lah yang merebut mahkota untuk urusan popularitas ini. 

Dalam hal klub Amerika dalam daftar tersebut, peringkat tertinggi yang mereka raih adalah Los Angeles Galaxy yang menmpati posisi 12.

Sebagai gambaran umum, Liga Premier adalah liga yang paling banyak ditonton di Amerika, sedangkan La Liga Santander menjadi yang kedua.

Namun, di luar dua klub raksasa di Spanyol itu, hanya ada sedikit minat pada aksi yang terjadi di bawah mereka. Metrik yang sama ditunjukkan dalam kaitannya dengan Ligue 1 Prancis, di mana hanya Paris Saint-Germain yang benar-benar ditonton oleh penduduk AS.