PEKANBARU – Kapolda Riau, Irjen Pol Mohammad Iqbal, menggelar upacara penyambutan dan pelepasan Danrem 031/Wirabima lama dan baru di Mapolda Riau, Kamis 26 September. Upacara ini dilaksanakan pada pukul 07.00 WIB di tengah hujan gerimis, namun tidak mengurangi semangat acara yang berlangsung dengan meriah.

Pada kesempatan ini, Danrem baru Brigjen TNI Sugiyono hadir bersama istri dan disambut dengan penuh gegap gempita oleh seluruh personel Polda Riau, Pejabat Utama (PJU), dan para Kapolres jajaran Polda Riau yang berjajar di sepanjang jalan masuk Mapolda Riau.

Penyambutan Danrem 031/Wirabima Baru

Saat tiba di Mapolda, Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal langsung mengalungkan bunga kepada Brigjen TNI Sugiyono, sementara Ketua Bhayangkari juga memberikan buket bunga kepada Ketua Persit KCK Koorcab Rem 031/WB. Penyambutan berlangsung hangat, turut dihadiri oleh Wakapolda Riau, Brigjen Pol K. Rahmadi, Forkopimda, PJU Polda Riau, sejumlah PJU Korem 031/WB, serta tamu undangan lainnya.

Memasuki Mapolda Riau, Brigjen TNI Sugiyono dan istri disambut dengan tari persembahan yang dipersembahkan oleh personel Polda Riau, mencerminkan keakraban antara TNI dan Polri.

Acara dilanjutkan dengan Apel Kehormatan yang digelar di halaman Mapolda Riau. Apel ini dihadiri oleh seluruh pimpinan Forkopimda Riau, serta Danrem 031/Wirabima baru dan lama. Brigjen TNI Dany Rakca, Danrem 031/Wirabima sebelumnya, secara simbolis menerima cinderamata berupa pedang kehormatan dan miniatur Mapolda Riau dari Kapolda Riau.

Pelepasan Danrem 0312 Wirabima dihadiri anggota dari kedua kesatuan. (Dok Polda Riau)
Pelepasan Danrem 0312 Wirabima dihadiri anggota dari kedua kesatuan. (Dok Polda Riau)

Brigjen TNI Dany Rakca, yang akan bertugas di Mabes TNI AD, mengaku terhormat dengan penyambutan dan pelepasan yang diinisiasi oleh Kapolda Riau. Ia mengapresiasi acara yang dinilainya menunjukkan soliditas antara Korem, Polda, dan Pemerintah Provinsi Riau.

“Saya tidak menyangka diadakan kegiatan seperti ini. Mohon doa restu dari masyarakat Riau agar saya bisa menjalankan tugas baru dengan baik. Terima kasih atas dukungan selama saya bertugas, dan mohon maaf jika ada kekurangan,” ungkap Brigjen TNI Dany Rakca.

Brigjen TNI Sugiyono mengungkapkan kebanggaannya atas sambutan meriah dari Polda Riau dan seluruh jajaran Forkopimda. Menurutnya, sinergitas antara TNI dan Polri harus terus dipertahankan dan ditingkatkan, terutama menjelang pelaksanaan Pilkada Serentak di Riau.

“Sinergitas TNI-Polri harus tetap dijaga untuk mendukung keamanan dan kesuksesan Pilkada Serentak di Riau. Saya juga mohon dukungan dari masyarakat agar dapat menjalankan tugas dengan baik,” ujar Brigjen TNI Sugiyono.

TNI-Polri adalah Saudara Kandung

Kapolda Riau, Irjen Pol Mohammad Iqbal, menegaskan bahwa acara pelepasan dan penerimaan ini diadakan untuk mempererat hubungan antara TNI dan Polri sebagai satu kesatuan yang solid. Menurutnya, sinergitas ini sangat penting untuk memastikan keamanan dan ketertiban di wilayah Provinsi Riau.

“Danrem 031/Wirabima adalah pimpinan yang juga bertanggung jawab terhadap keamanan di wilayah Polda Riau. TNI dan Polri adalah saudara kandung yang mengabdi untuk bangsa dan negara, sementara ibu kandungnya adalah rakyat Riau,” kata Irjen Pol Mohammad Iqbal.

Sebagai tanda penghormatan terakhir, Brigjen TNI Dany Rakca dan istri dilepas dengan tradisi pedang pora oleh para perwira pertama Polda Riau. Setelah itu, mereka diantar menggunakan kendaraan Baracuda menuju Korem 031/Wirabima dengan pengawalan Kapolda Riau, Forkopimda, dan para pejabat utama Polda Riau yang mengendarai sepeda motor.

Dengan acara yang penuh kehangatan ini, diharapkan sinergitas antara TNI dan Polri di Provinsi Riau semakin erat untuk menciptakan keamanan dan ketertiban yang optimal di wilayah Riau.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)