JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyebut, tiga ruas Jalan Tol IKN siap digunakan jelang pelaksanaan Upacara HUT Kemerdekaan RI Ke-79 di pada 17 Agustus mendatang.

Adapun Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) berencana untuk merayakan HUT Kemerdekaan RI Ke-79 di IKN Nusantara pada 17 Agustus 2024.

Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia di IKN pada 17 Agustus 2024 juga merupakan upacara selamat datang kepada ibu kota baru.

Ketiga ruas yang dimaksud yakni, Seksi 3A Karangjoang-KKT Kariangau, Seksi 3B KKT Kariangau-Sp. Tempadung dan Seksi 5A Sp Tempadung-Jembatan Pulau Balang.

Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Kementerian PUPR Danis Sumadilaga mengeklaim, pembangunan ketiga ruas tol tersebut berjalan bagus.

"Progresnya bagus, sudah diaspal. Target kami pokoknya akan satu jalur, satu arah (ada) tiga lajur," ujar Danis saat ditemui di kantornya, Jumat, 5 Juli.

Selain jalan tol, ada Bandara VVIP IKN yang ditargetkan bisa dioperasikan secara fungsional pada Agustus mendatang.

Danis mengatakan, Kementerian PUPR bertanggung jawab untuk membangun landasan pacu sepanjang 3.000 meter (m).

Sementara yang ditargetkan rampung pada Agustus 2024 adalah sepanjang 2.200 m, sehingga bisa digunakan oleh pesawat kepresidenan untuk mendarat. Saat ini, progresnya sudah mencapai 60 persen.

Meski begitu Danis mengatakan ada satu tantangan yang dihadapi dalam membangun bandara, yakni cuaca yang tidak menentu.

"Kami berusaha mendukung proses tersebut melalui modifikasi cuaca agar kira-kira tidak terganggu," imbuhnya.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)