JAKARTA - Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) bersama Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) dan Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) kembali menyelenggarakan pameran Inabuyer B2B2G Expo 2024. Diharapkan kegiatan ini akan mampu memperluas rantai pasok bisnis UMKM dalam memperkuat ekonomi di dalam negeri.

Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki dalam sambutannya melalui video menyambut baik kolaborasi antara Kemenkop UKM, LKPP, Hippindo dalam menyelenggarakan Inabuyer B2B2G 2024.

Teten menyebut, penguatan rantai pasok merupakan elemen krusial dalam ekosistem bisnis UMKM. Guna mewujudkan hal tersebut dibutuhkan kolaborasi antara pemerintah, BUMN, swasta dan asosiasi baik di dalam maupun luar negeri.

"Kolaborasi ini merupakan kesempatan emas bagi UMKM untuk berinteraksi dan berjejaring dengan banyak buyer dan entitas bisnis yang mencari produk berkualitas tinggi dari Indonesia," katanya, Rabu, 15 Mei.

Berdasarkan data World Economic Outlook IMF, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2024 diperkirakan mencapai 5 persen. Namun, hanya 6,3 persen UMKM yang terlibat dalam rantai nilai global.

Oleh karena itu, kata Teten, diperlukan sinergi dari berbagai pihak untuk meningkatkan kapasitas pelaku usaha dan memperluas akses pasar melalui pendampingan yang komperhensif.

"Dengan dukungan alokasi belanja barang dan jasa Pemerintah, BUMN, serta sektor ritel lainnya, maka UMKM harus mampu bersaing menjadi pemasok utama dalam perekonomian nasional," ucapnya.

Pihaknya pun optimistis ajang Inabuyer B2B2G 2024 akan menjadi katalis untuk transaksi yang berdampak dan pembangunan kemitraan jangka panjang serta mendorong inovasi dan kemajuan ekonomi.

Pada kesempatan sama, Ketua Hippindo Budihardjo Iduansyah mengatakan, pihaknya bersama Kemenkop UKM dan LKPP berkomitmen nyata untuk membuka akses rantai pasok bagi bisnis UMKM. Inabuyer menjadi salah satu cara pemerintah dan swasta agar rantai pasok industri bagi UMKM terwujud.

Inisiatif ini memungkinkan para buyer atau offtaker untuk mempersingkat waktu pengadaan dalam menemukan produsen atau supplier yang berkualitas.

"Semoga Inabuyer yang kami laksanakan hari ini, harapannya ada potensi perputaran uang hingga Rp1 triliun," tuturnya.

Sekadar informasi, penyelenggaraan Inabuyer B2B2G Expo 2024 dilakukan selama 15-17 Mei 2024 di Gedung Smesco, Jakarta.

Inabuyer B2B2G Expo merupakan tempat berkumpulnya komunitas buyer, baik dari sektor swasta, BUMN, pemerintahan dan buyer luar negeri, untuk dapat melakukan aktivitas business matching, networking dan kontrak kerja secara langsung khususnya dengan KUMKM.

Adapun kegiatan inabuyer pada 2023 lalu telah berhasil menciptakan nilai potensi kerja sama sebesar Rp1 triliun, dengan total 5.613 pengunjung yang diikuti 102 booth supplier dan 82 booth buyer serta dihadiri oleh 32 kementerian/lembaga.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)