Menteri PUPR Basuki Bisa Nangis Lihat Orang Mudik, Kenapa?
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Foto: Theresia Agatha/VOI

JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyebut, Lebaran 2024 merupakan momentum bagi dirinya untuk menyiapkan infrastruktur yang memadai bagi para pemudik.

Salah satu yang menjadi fokus utama pihaknya adalah perbaikan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) yang sebelumnya mengalami longsor.

Dia menargetkan, satu lajur ruas Tol Bocimi bisa digunakan esok hari untuk mendukung arus lalu lintas (lalin) mudik tahun ini.

"Sebagai penanggung jawab infrastruktur, saya kemarin masih lihat (Tol) Bocimi yang longsor. Mudah-mudahan besok sudah bisa dibuka satu lajur karena kalau tadi malam bisa selesai hari ini dibersihkan besok sudah bisa dimanfaatkan," ujar Basuki kepada wartawan usai salat Ied di Masjid Kementerian PUPR As-Salam, Jakarta, Rabu, 10 April.

Basuki mengaku, kegiatan mudik terkadang membuat dirinya menangis. Sebab, momentum itu mengingatkan dirinya kepada kedua orang yang telah lama tiada.

"Mohon maaf karena saya sudah enggak punya bapak/ibu, jadi lama sudah enggak bisa mudik. Kalau lihat orang mudik saya bisa nangis, karena itu 'seng gak ada lawan' kalau orang Ambon bilang," katanya.

Oleh karena itu, kata Basuki, kementerian yang dipimpinnya harus bertanggung jawab untuk menyiapkan infrastruktur yang baik bagi masyarakat, utamanya pada periode mudik Lebaran tahun ini.

"Mudik itu the real happiness. Apapun, orang mudik itu the real happiness. Makanya kami harus layani dengan baik," imbuhnya.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)