JAKARTA - PT Mandiri Sekuritas berkerja sama dengan PT Bank Syariah Indonesia Tbk. atau BSI (BRIS) dengan meluncurkan produk investasi serba syariah dengan adanya kolaborasi ini, nasabah dapat berinvestasi di pasar modal sekaligus pembukaan rekening dana nasabah (RDN) secara online melalui Mandiri Online Securities Trading (MOST) Syariah dari Mandiri.

Dengan adanya layanan baru tersebut, Mandiri Sekuritas dan BSI berharap dapat mendongkrak jumlah investor syariah di Tanah Air.

Serta menargetkan sebanyak 1 juta nasabah sepanjang tahun 2024.

Direktur Utama BSI Hery Gunardi mengatakan, optimistis target tersebut berasal dari total nasabah BSI yang mencapai sekitar 19 juta nasabah dan sekitar 60.000 nasabah prioritas.

"BSI memiliki 19 juta nasabah dan 60 .000 nasabah prioritas. Demand side sudah ada. Kami kemudian launch supply. Diharapkan jumlah investor ritel meningkat lebih banyak di syariah," tutur Hery dalam acara Peluncuran Investasi Serba Syariah, Selasa 9 Januari 2024.

Hery menambahkan potensi investasi syariah di pasar modal cukup besar ditambah dengan adanya sinergi antara BSI dan Mandiri Sekuritas sehingga dapat mendongkrak investor syariah di pasar modal.

"Mampu mendorong target nasabah hingga mencapai 1 juta," ujar Hery

Hery menjelaskan BSI telah memiliki layanan rekening dana nasabah (RDN) online syariah yang telah mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada Desember 2023. Serta melalui kerja sama dengan Mandiri Sekuritas, BSI mengintegrasikan layanan RDN online syariah dengan produk MOST Syariah.

Sehingga setiap nasabah yang apply di MOST bisa membuka rekening RDN di BSI. Sementara, melalui platform BSI Mobile, nasabah BSI bisa membuka dana online sekaligus apply MOST Syariah.

Direktur Utama Mandiri Sekuritas Oki Ramadhana mengungkapkan pangsa pasar investor di pasar modal syariah saat ini masih rendah.

Berdasarkan data per November 2023 jumlah investor saham syariah mencapai 136.000 atau setara dengan 2,6 persen dari keseluruhan total investor di pasar modal yang sebanyak 5 juta orang.

"Ini yang mendorong kami untuk terus berkomitmen berkont.000si pasar modal syariah Indonesia melalui perkembangan RDN online dan lebih jauh lagi dalam rangka memberikan layanan Investasi syariah, yakni MOST syariah," kata Oki.

Selain itu, populasi penduduk muslim Indonesia per 2023 mencapai lebih dari 240 juta atau sekitar 85 persen dari total penduduk lebih dari 278 juta.

Sementara data Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat, jumlah total investor pasar modal Indonesia 2023 mencapai lebih dari 12 juta orang.

Oki menjelaskan kerja sama ini membuka kesempatan bagi nasabah untuk membuka RDN secara online tanpa minimum deposit dengan mudah dan cepat.

"Kerja sama ini membuka kesempatan bagi nasabah untuk membuka RDN syariah online tanpa minimum deposit mudah dan cepat karena 100 persen online serta bisa langsung transaksi dalam satu hari," jelasnya.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)