Kemenperin Sebut Pembangunan Infrastruktur hingga IKN Kerek Kinerja Industri Semen pada September 2024

JAKARTA - Indeks kepercayaan industri (IKI) pada September 2024 naik tipis 0,08 menjadi 52,48 poin dari capaian di Agustus 2024 yang sebesar 52,40.

Ada 21 subsektor industri mengalami ekspansi, yang mana nilai IKI tertinggi dicapai oleh industri barang galian nonlogam dan industri peralatan listrik. Termasuk di dalamnya semen dan keramik.

Juru Bicara Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Febri Hendri Antoni Arif mengatakan, peningkatan kinerja industri semen terjadi karena adanya belanja pada proyek infrastruktur.

"(Pada) Juni, Agustus, September itu, kan, pemerintah mulai belanja dan proyek infrastruktur sudah jalan. Kami melihat karena ada banyak proyek infrastruktur seperti bendungan, jalan, kontruksi. Termasuk juga salah satunya IKN, itu akan meningkatkan permintaan atas material semen, besi dan baja. Kan, yang tertangkap oleh IKI adalah industri semen," ujar Febri dalam agenda Rilis IKI September 2024 di Gedung Kemenperin, Jakarta, Senin, 30 September.

Sementara untuk industri keramik, meskipun proyek infrastruktur banyak melakukan belanja, sektor ini tidak ikut terkerek naik.

"Menurut kami untuk ubin keramik enggak berkontribusi terhadap kenaikan IKI karena banyak impor," ucapnya.

Febri menilai, meski permintaan untuk industri semen meningkat.

Namun, lanjut dia, hal tersebut tak berpengaruh besar terhadap kenaikan IKI keseluruhan pada September 2024 ini.

"Begitu juga untuk peralatan listrik seperti, kabel, bola lampu, dan sebagainya yang sering dipakai untuk proyek-proyek infrastruktur dan properti," imbuhnya.