Timor Leste U-20 vs Indonesia U-20: Menang 3-1, Garuda Muda Jaga Asa ke Putaran Final

JAKARTA - Timnas Indonesia U-20 berhasil kembali memperoleh poin penuh saat menjalani laga di Kualifikasi Piala Asia U-20 2025. Menghadapi Timor Leste U-20 di partai kedua, Garuda Muda menang 3-1 yang membuka asa untuk tampil di putaran final.

Tampil di Stadion Madya, Senayan, pada Jumat, 27 September 2024, malam WIB, Timnas Indonesia U-20 yang jadi tuan rumah mendapat dukungan penuh dari suporter.

Sempat mengacak-acak pertahanan Timor Leste di awal babak, kebuntuan Timnas Indonesia U-20 akhirnya pecah saat memasuki menit ke-13. Lewat umpan yang diberikan Kadek Arel, Jens Raven berhasil mengubahnya menjadi gol yang membuat tuan rumah unggul 1-0.

Baru tiga menit berselang setelah membuka keunggulan, Garuda Muda yang bermain cukup padu kembali bisa membuat jarak dengan Timor Leste. Gol kedua tercipta pada menit ke-16 dari eksekusi M. Riski Afrisal.

Usai memimpin 2-0, Indonesia tak mengendurkan permainannya. Beberapa ancaman masih terus dihadirkan lewat Toni Firmansyah dan Jens Raven yang rajin menggempur kotak penalti Timor Leste.

Namun, hingga babak pertama tuntas, tak ada gol tambahan tercipta. Indonesia unggul 2-0 atas Timor Leste di paruh pertama.

Masuk ke babak kedua, Indonesia U-20 terus menekan pergerakan Timor Leste. Meski demikian, Garuda Muda justru kecolongan.

Timor Leste yang sempat kesulitan mencari celah membuka angka akhirnya mampu memperkecil jarak. Gol dari Luis Figo membuat skor berubah 1-2 pada menit ke-66.

Upaya Timor Leste untuk menyamakan kedudukan ternyata tak dibiarkan terjadi oleh pasukan Indra Sjafri. Soalnya, Indonesia U-20 kembali menjaga jarak.

Pada sisa waktu normal 12 menit, Indonesia U-20 mengubah papan skor menjadi 3-1. Situasi ini terjadi pada menit ke-78 lewat gol Muhammad Ragil.

Setelah gol ketiga itu, Timor Leste tak mampu lagi mengejar angka hingga akhirnya peluit panjang dibunyikan wasit.

Hasil ini kemudian membuat Timnas Indonesia U-20 mengoleksi enam poin dari dua laga yang sudah dijalani di Grup F.

Perolehan poin itu sama dengan Yaman U-20, tapi Garuda Muda berhak menempati klasemen teratas berkat keunggulan selisih gol.