Julian Alvarez Mantapkan Atletico Madrid di Posisi Tiga Usai Kalahkan Celta Vigo

JAKARTA - Striker Julian Alvarez membawa Atletico Madrid meraih kemenangan 1-0 atas Celta Vigo di pertandingan La Liga Spanyol di Stadion Abanca-Balaidos, Vigo, Jumat, 27 September 2024 dini hari WIB. Kemenangan yang memantapkan Atletico di posisi tiga klasemen.

Alvarez mulai menjalankan tugas secara rutin dengan membobol gawang lawan. Sebelumnya, striker tim nasional Argentina yang dibeli dengan harga 95 juta euro dari Manchester City ini sempat mengalami kesulitan di Liga Spanyol. Namun pelatih Diego Simeone meyakini Alvarez hanya butuh waktu untuk beradaptasi sebelum menjadi andalan sebagai mesin gol Atletico.

Kesabaran pelatih yang juga kompatriot Alvarez ini memang membuahkan hasil. Penyerang berusia 24 ini akhirnya mengatasi kemandulan dengan mencetak gol pertama saat Atletico menang 3-0 atas Valencia.

Selanjutnya, Alvarez yang baru diturunkan di babak kedua sukses membobol gawang lawan untuk kali kedua saat membawa Atletico menang tipis satu gol atas Celta.

Kemenangan penting ini setidaknya membantu Colchoneros menjaga persaingan dengan dua raksasa La Liga, Barcelona dan Real Madrid. Saat ini, Barca bertengger di puncak klasemen setelah meraih poin sempurna dengan memenangkan tujuh pertandingan pertama liga. Dengan mengantungi poin 21, Barca sudah unggul empat poin dengan Madrid yang menempati peringkat dua.

Sementara, Atletico yang memiliki poin 15 menduduki posisi tiga. Mereka menggeser Villarreal yang sebelumnya menang 2-1 atas Espanyol. Villarreal sendiri berada di urutan lima dengan mengantungi poin 14.

Celta sendiri yang mendapatkan poin sembilan menempati peringkat 10. Perolehan poin Celta sama dengan Rayo Vallecano dan Real Betis. Hanya saja, Vallecano memiliki selisih gol terbaik sehingga menduduki peringkat sembilan. Sedangkan Betis berada di posisi 11.

Dalam pertandingan itu, Atletico harus bersusah-payah menghadapi permainan ofensif Celta. Tuan rumah memberi tekanan terhadap pertahanan Atletico yang memaksa kiper Jan Oblak bekerja keras.

Performa gemilang Oblak menjadikan pemain Celta frustrasi. Paling tidak Oblak melakukan dua penyelamatan mengesankan dari kapten Iago Aspas dan Borja Iglesias.

Saat berada dalam tekanan dan laga memasuki menit akhir, Atletico justru berhasil memanfaatkan celah untuk mencetak gol. Berawal dari umpan silang Antoine Griezmann ke arah gawang dan disambut Alvarez. Sepakan dari jarak dekat Alvarez pun menaklukkan kiper Vicente Guaita. Skor 1-0 untuk Atletico yang bertahan hingga laga usai.

"Ini kemenangan yang sangat penting di pertandingan dengan lapangan yang sulit. Namun permainan kami makin lma makin berkembang dengan baik," kata Alavaz menanggapi penampilan timnya.

"Gol tersebut jelas menaikkan kepercayaan diri saya. Namun yang lebih penting [gol] ini bisa membantu tim," ucapnya.

Sementara Guaita menuturkan Celta sesungguhnya bermain lebih baik. Mereka menguasai permainan dan menciptakan peluang. Namun akhir pertandingan justru ditentukan oleh gol tunggal Alvarez.

"Tim bermain bagus. Kami menguasai permainan dan menciptakan peluang. Namun akhir pertandingan membuat kami sangat kecewa," ujar Guaita.

"Harus diakui Julian bermain lebih cerdas ketimbang bek kami dan saya sendiri. Dia berhasil mengalahkan kami," kata dia lagi.

Bagi Atletico, kemenangan ini menjadi modal dan menambah kepercayaan diri tim menghadapi laga berikutnya. Atletico menjamu Real Madrid dalam Madrid Derby di Stadion Metropolitano, Senin, 30 September 2024 dini hari WIB.