Peugeot Pastikan Tak Lagi Jual 508 di Inggris demi Fokus ke EV

JAKARTA - Pabrikan otomotif Prancis, Peugeot dikabarkan akan menghentikan penjualan model 508 versi saloon dan estate (station wagon) akhir tahun ini di Inggris. Hal ini berkaitan dengan penerapan mandat Zero-Emission Vehicle (ZEV) yang telah diterapkan pemerintah Inggris.

Produsen kendaraan berlogo kepala singa ini mengatakan bahwa mereka memilih untuk fokus pada model listrik baik EV murni maupun hybrid di Inggris yang juga sejalan dengan aturan yang ditetapkan.

“Sebagai hasilnya, setiap mobil penumpang Peugeot kini tersedia dalam pilihan powertrain Battery Electric Vehicle (BEV) dan hybrid,” kata Peugeot dalam sebuah pernyataan dikutip dari Autocar, Rabu, 7 Agustus.

Namun, alasan lain Peugeot menghentikan penjualan model ini di Inggris adalah turunnya penjualannya. Pada tahun pertamanya di 2019, pabrikan dapat mengirimkan sekitar 7.000 unit di negeri Raja Charles. Sementara pada tahun lalu, pabrikan hanya mengirimkan 700 unit ke pelanggan. Dengan demikian, artinya model tersebut kurang diminati oleh publik Inggris.

Meskipun demikian, Peugeot akan menawarkan 508 secara eksklusif sebagai model Plug-In Hybrid (PHEV) pada trim GT hingga akhir tahun ini.

Ini juga berarti kiprah sub-brand Peugeot Sport Engineered (PSE) secara efektif berakhir di Inggris, hanya empat tahun setelah peluncurannya.

Peugeot 508 PSE mengusung gaya sedan dengan tampilan sporty dan modern terinspirasi dari mobil balap prototipe 9X8 Hypercar yang diikutkan dalam ajang FIA World Endurance Championship tahun ini.

Mengambil basis dari versi facelift generasi kedua model 508, mobil ini usung teknologi PHEV menggabungkan mesin 1.6 PSE dengan motor listrik yang tertanam di bagian depan dan belakang, menghasilkan tenaga gabungan hingga 395 dk dan torsi 500 Nm.

Digabungkan dengan transmisi delapan percepatan otomatis, sedan ini dapat berlari dari 0 ke 100 km/jam dalam 4,3 detik dengan kecepatan tertinggi mencapai 250 km/jam. Dibekali dengan baterai 11,8 kWh, mobil tersebut dapat berjalan dengan listrik murni sejauh 50 km dalam sekali pengisian daya.

Untuk harganya, Peugeot 508 PSE dibanderol senilai 53.975 poundsterling atau setara Rp1,1 miliar di Inggris.