Inggris Kesulitan Kalahkan Slovenia, Harry Kane: Yang Penting Juara Grup

JAKARTA - Inggris mengalami kesulitan mengalahkan Slovenia dan hanya mampu bermain imbang 0-0 di laga terakhir Grup C Euro 2024. Namun kapten Harry Kane mengaku puas dengan pencapaian Inggris yang berhasil menjadi juara Grup C.

Inggris gagal menaklukkan Slovenia dalam duel di Stadion Cologne, Koln, Rabu, 26 Juni 2024 dini hari WIB. Tak hanya itu, The Three Lions tak bisa menunjukkan ketajaman meski tidak hanya mengandalkan Kane yang merupakan ujung tombak andalan Bayern Munchen.

Selain itu masih ada Phil Foden yang termasuk produktif di Manchester City. Begitu pula Jude Bellingham, andalan lini depan Real Madrid dan striker Arsenal Bukayo Saka.

Penguasaan bola Inggris mencapai 72% dan mereka melakukan 694 umpan. Bandingkan dengan Slovenia yang hanya 208 kali melakukan passing.

Hanya catatan itu tak berarti. Meski bola lebih banyak di kaki Declan Rice dkk, namun tidak ada satu pun peluang yang bisa dikonversi menjadi gol.

Inggris tak mampu menembus pertahanan Slovenia yang digalang duet tangguh, Vanja Drkusic dan Jaka Bijol. Apalagi, duo bek itu memang tampil cemerlang dan tak kesulitan meredam serangan bergelombang Inggris.

Meski tak mampu menang, namun tim asuhan Gareth Southgate yang sudah memastikan lolos ke fase gugur masih bisa menjadi juara Grup C setelah mengantungi poin lima. Sementara, Slovenia juga lolos dengan menempati posisi tiga terbaik.

Menanggapi pertandingan terakhir Inggris, Kane mengaku tetap puas dengan hasil imbang itu.

Menurut dia tim justru bermain lebih baik dibandingkan dua laga sebelumnya saat bermain imbang 1-1 melawan Denmark dan mengalahkan Serbia 1-0. Selain itu Inggris telah memenuhi target pertama dengan menduduki puncak klasemen.

"Target kami adalah menjadi juara grup. Kami bangga bisa mencapai target karena itu tak mudah di turnamen seperti ini," kata Kane.

"Ini pertandingan yang sangat berat. Namun kami bermain lebih baik dibandingkan dua pertandingan sebelumnya," ucapnya.

"Bahkan ini penampilan terbaik kami selama tiga pertandingan. Kami mampu menekan dengan sangat baik. Sayangnya kami gagal dalam penyelesaian akhir," ujar striker Bayern yang baru mengemas satu gol di Euro 2024

Sementara, bek John Stones menuturkan Inggris telah memenuhi target awal. Hanya dia mengakui bila fans merasa kecewa. Namun bek Manchester City ini menyatakan tak mudah mengalahkan lawan di Euro 2024.

"Target kami adalah menjadi juara grup dan itu sudah tercapai. Ini jelas tak mudah mencapainya. Apalagi kami menjadi target untuk dikalahkan," kata Stones.

Dilanjutkan oleh dia, "Menurut saya, tim sesungguhnya bermain lebih baik dibandingkan dua laga sebelumnya. Saya memahami bila fans frustrasi karena kami gagal menang. Tetapi inilah sepak bola. Tidak ada pertandingan yang mudah."

Di babak 16 besar, Inggris bertemu peringkat tiga terbaik dari Grup D atau E. Inggris kemungkinan bisa menghadapi lawan berat Belanda yang menduduki peringkat tiga klasemen Grup D.

"Kami siap menghadapi laga berikutnya," jawab Kane menanggapi peluang Inggris di laga pertama babak knockout.