Libur Panjang Iduladha 2024 Usai, Jasa Marga Catat 338.796 Kendaraan Kembali ke Jabotabek

JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) mencatat, sebanyak 338.796 unit kendaraan kembali ke wilayah Jabotabek selama periode Senin hingga Selasa atau pada 17-17 Juni 2024. Angka tersebut merupakan kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari empat Gerbang Tol (GT) utama.

Marketing & Communication Department Head Jasa Marga Faiza Riani mengatakan, empat gerbang tol utama tersebut adalah GT Cikupa (arah Merak), GT Ciawi (arah Puncak), GT Cikampek Utama (arah Trans Jawa) dan GT Kalihurip Utama (arah Bandung).

"Total volume lalin yang kembali ke wilayah Jabotabek ini naik 31,16 persen jika dibandingkan lalin normal," ujar dia dalam keterangan resminya, Rabu, 19 Juni.

Sebanyak 174.302 kendaraan atau sebesar 51,45 persen kendaraan yang kembali ke Jabotabek berasal dari arah Timur (Trans Jawa dan Bandung). Rinciannya 85.481 kendaraan kembali ke Jabotabek melalui GT Cikampek Utama di Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan 88.821 kendaraan kembali ke Jabotabek melalui GT Kalihurip Utama di Jalan Tol Cipularang.

"Total lalin kembali ke Jabotabek naik sebesar 64,89 persen dari lalin normal," katanya.

Sementara itu, ada 82.451 kendaraan atau mencapai 24,34 persen yang kembali ke Jabotabek dari arah Barat (Merak) melalui GT Cikupa di Jalan Tol Tangerang-Merak. "Ini lebih rendah 10,47 persen dari lalin normal," ucapnya.

Kemudian, jumlah kendaraan yang kembali ke Jabotabek dari arah Puncak melalui GT Ciawi di Jalan Tol Jagorawi sebanyak 82.043 kendaraan atau naik sebesar 35,57 persen dari lalin normal.

"Jasa Marga terus mengimbau kepada pengguna jalan untuk mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol. Pastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima, pastikan kecukupan BBM dan saldo uang elektronik, pergunakan rest area untuk beristirahat jika lelah berkendara serta mematuhi rambu-rambu dan arahan petugas," imbuhnya.