Adaptasi Cepat Irina Voronkova Menangkan Popsivo atas Petrokimia

YOGYAKARTA - Tim putri Jakarta Popsivo Polwan mengawali pertarungan di PLN Mobile Proliga 2024 dengan hasil memuaskan. Adaptasi cepat pemain asal Rusia Irina Voronkova berperan penting saat Popsivo Polwan mengalahkan tim kuat Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia, di GOR Amongrogo Yogyakarta, Jumat, 26 April 2024.

Voronkova yang berduet dengan pemain asal Amerika Serikat Madi Kingdon Rishel menjadi andalan dalam mendulang poin saat klub milik Polri itu menang 3-1 (29-27, 25-18, 23-25, 25-18).

Rishel sukses meraih total 27 poin, sedangkan Voronkova mencatatkan 19 poin dalam pertandingan yang tak mudah bagi Popsivo Polwan itu.

Keberhasilan meraih kemenangan di laga pertama menjadikan pelatih Popsivo Polwan Lardi merasa puas. Apalagi, mereka mampu mengatasi klub plat merah, Petrokimia, ini.

"Terima kasih atas support dari pemain dan dukungan suporter," kata Lardi yang mengakui kekalahan tim pada set ketiga karena kehilangan Arsela Nuari Purnama yang sakit.

"Kekuatan kami berkurang karena tidak ada dia. Beruntung kami bisa menang lagi pada set keempat," ujar dia lagi.

Lardi memberi apresiasi secara khusus kepada Voronkova yang bisa menyesuaikan dan beradaptasi baik dengan cuaca atau lingkungan di Indonesia. Pemain kelahiran Turki tetapi bermain untuk Rusia ini tak kesulitan dengan cuaca panas Indonesia.

Apalagi, pevoli cantik berusia 28 selama dua tahun terakhir ini sudah meninggalkan Rusia. Voronkova yang membawa Rusia menduduki peringkat tiga di Piala Dunia 2019 ini bermain di Turki sebelum datang ke Indonesia.

"Tidak hanya dengan cuaca atau lingkungannya, bahkan dia tidak ada masalah dalam beradaptasi dengan rekan satu tim di saat latihan ataupun pertandingan," kata Lardi menegaskan.

Sementara itu, pelatih Petrokimia, Pedro Lilipaly mengatakan tim masih belum beruntung pada laga perdana ini. Menuut dia banyak yang harus dievaluasi karena penampian Petrokimia bisa lebih baik di laga berikut.

"Kami harus melakukan banyak dievaluasi ke depannya. Maklum ini pertandingan perdana mereka," ujar Pedro.

"Dari pertandingan ini, saya melihat mental dan daya juang pemain yang ditingkatkan. Terutama mereka yang baru bermain di Proliga," kata kapten tim Petrokimia, Mediol Stiovanny Yoku.