Foden Cetak Hattrick, Man City Hancurkan Aston Villa

JAKARTA - Manchester City tampil maksimal menghancurkan Aston Villa 4-1 di pertandingan Premier League Inggris di Stadion Etihad, Kamis, 4 April 2024 dini hari WIB. Gelandang Phil Foden mencetak hat-trick yang membawa Man City bertahan di tiga besar.

Menang besar tetapi Man City belum bisa memperbaiki peringkat di klasemen sementara. Meski demikian, Man City tetap menjaga persaingan memperebutkan titel liga.

Kemenangan atas Villa menjadikan Man City mengantungi poin 67. Sama dengan Liverpool yang baru bertanding melawan Sheffield United, Jumat, 5 April 2024 dini hari WIB. Hanya, Man City masih kalah selisih gol sehingga tetap menduduki peringkat tiga.

Sementara, Liverpool turun ke posisi dua. Arsenal sukses merebut kembali takhta klasemen setelah menang 2-0 atas Luton Town. Kemenangan itu menjadikan Arsenal meraih 68 poin.

Bagi Villa, kekalahan di laga melawan Man City, menjadikan mereka waswas. Meski masih bertahan di empat besar, namun mereka mendapat ancaman dari Tottenham Hotspur.

Saat ini, Villa memiliki poin 59. Mereka hanya unggul dua poin dari Tottenham yang menduduki peringkat lima.

Ini yang menjadikan Tottenham sewaktu-waktu bisa mengambil alih posisi Villa karena mereka masih menyimpan satu pertandingan.

Dalam duel itu, Man City melakukan start mengesankan. Mereka sudah mendominasi permainan sejak menit pertama.

Laga baru berjalan 11 menit, tuan rumah sudah membobol gawang Villa. Gelandang Rodri mengawali pesta kemenangan The Cityzens setelah menyelesaikan assist dari Jeremy Doku.

Hanya keunggulan itu tak bisa dipertahankan Man City. Hanya berselang sembilan menit, Villa berhasil menyamakan skor. Gol The Villans dihasilkan striker berusia 20 Jhon Duran setelah bekerja sama satu dua dengan Morgan Rogers.

Skor berubah 1-1 dan pertandingan mulai berjalan sengit. Man City agak kesulitan membongkar pertahanan kokoh tim tamu.

Namun usaha dan kesabaran tim asuhan Pep Guardiola akhirnya memberi hasil. Foden sukses membobol gawang lawan lewat tendangan bebas yang indah menjelang turun minum. Man City menutup babak pertama dengan keunggulan 2-1.

Di babak kedua, Man City bermain lebih agresif. Mereka menekan lawan yang mengakibatkan Villa tak bisa mengembangkan permainan.

Meski demikian, Man City baru bisa menambah gol di menit 62. Gol kembali dihasilkan Foden yang menyelesaikan umpan dari Rodri.

Selanjutnya, Foden melengkapi hat-trick lewat tendangan keras di menit 69. Ini merupakan gol ke-21 Foden di berbagai kompetisi musim ini.

Performa gemilang pemain berusia 23 ini menjadikan dia mendapat standing ovation dari suporter saat ditarik keluar.

Gol Foden mengubah skor menjadi 4-1. Man City mempertahankan keunggulan itu sampai akhir laga.