Liquid Tension Experiment Lepas Single Baru, The Passage of Time

JAKARTA - Liquid Tension Experiment (LTE), proyek musik bergenre instrumental progressive rock/metal yang menampilkan gitaris dan kibordis Dream Theater; John Petrucci dan Jordan Rudess, bersama eks drumer Dream Theater, Mike Portnoy serta bassis King Crimson, Tony Levin melepas single baru.

The Passage of Time, demikian judulnya, merupakan lagu yang akan diceploskan ke dalam album baru LTE dalam 22 tahun, LTE3 yang akan dirilis via InsideOut 26 Maret mendatang.

"The Passage Of Time adalah lagu pertama yang kami buat bersama ketika kami bersatu kembali musim panas lalu," kata Portnoy dilansir dari Blabbermouth, Minggu, 23 Januari.

"Sangat menyenangkan bisa kembali ke studio menciptakan lagu bersama lagi setelah sekian lama (22 tahun untuk kami berempat dan lebih dari 10 tahun untuk kami bertiga sejak bersama di Dream Theater). Ini berfungsi sebagai rasa pertama yang luar biasa bagi pendengar karena menggabungkan begitu banyak elemen musik yang membuat LTE unik."

Sementara itu, Petrucci menambahkan bahwa The Passage of Time adalah lagu pertama yang mereka kerjakan di mana ketika selesai mereka semua menyadari betapa menakjubkannya bisa bekerja sama lagi. 

"Kami tahu kami sedang mengerjakan sesuatu dan ini akan menjadi album yang sangat menakjubkan. Tidak ada yang dapat mengubah perjalanan dua dekade kami. Bagi saya, lagu ini benar-benar mencerminkan upaya penulisan lagu kolaboratif dari kami berempat."

Adapun Rudess mengatakan, chemistry yang terjadi ketika mereka berempat bersama tidak terbantahkan. Memasuki studio dan mulai mengerjakan The Passage of Time setelah 22 tahun benar-benar memberinya perspektif baru tentang hubungan musik dan personal.

"Kami baru saja terjun - rasanya seperti tidak ada waktu yang berlalu sama sekali - dan kami membuat lagu yang memiliki begitu banyak elemen yang membuat LTE unik," urai Rudess.

"Dari kedalaman yang suram dari lockdown, LTE telah muncul kembali, menggembleng, meneteskan ide, dan tanpa kompromi. The Passage of Time baru permulaan," Levin menimpali.

Berikut daftar lagu kengkapnya:

01. Hypersonic (8:22)

02. Beating The Odds (6:09)

03. Liquid Evolution (3:23)

04. The Passage Of Time (7:32)

05. Chris & Kevin's Amazing Odyssey (5:04)

06. Rhapsody In Blue (13:16)

07. Shades Of Hope (4:42)

08. Key To The Imaginati