BPS Bawa Kabar Baik untuk Industri Penerbangan, Masyarakat Mulai Traveling Sebabkan Harga Tiket Pesawat Ikut Naik
Ilustrasi (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan bahwa terjadi kenaikan harga tiket pesawat sebesar 3,91 persen pada sepanjang Oktober 2021. Kepala BPS Margo Yuwono mengatakan peningkatan itu terjadi hampir di seluruh rute penerbangan dalam negeri.

“Dari 66 kota yang dipantau oleh BPS, itu sebagian besar mengalami kenaikan harga,” ujarnya dalam konferensi pers virtual, Senin, 1 November.

Meski demikian, Margo memberikan catatan jika lonjakan biaya cenderung terjadi pada jalur lintas yang berjarak jauh.

“Untuk yang jarak pendek itu malah mengalami penurunan,” tuturnya.

Lebih lanjut, peningkatan harga tiket moda transportasi udara ini sejalan dengan jumlah masyarakat yang melakukan bepergian.

Disebutkan bahwa jumlah penumpang pesawat pada September 2021 adalah sebanyak 1,97 juta orang. Angka tersebut melesat hampir dua kali lipat dari bukuan bulan sebelumnya yang sebanyak 1,07 orang.

Sementara jumlah penumpang pesawat dari mancanegara cenderung berada dalam tren stagnasi dengan catatan 50.000 orang September 2021 dan 40.000 orang di Agustus 2021.

Secara umum, sektor transportasi menjadi sektor yang mengalami inflasi paling tinggi pada Oktober 2021 dengan 0,33 persen dengan andil pembentukan 0,4 persen di bulan yang sama.