LRT Jabotabek Tabrakan Saat Uji Coba, INKA: Masinis Luka Ringan
Kecelakaan LRT di kawasan Munjul, Cibubur, Jakarta Timur (Rizky Sulistio/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Rangkaian kereta LRT Jabodebek tabrakan pada lintasan di kawasan Munjul, Cibubur, Jakarta Timur siang tadi. Kecelakaan itu terjadi saat kereta sedang melakukan uji coba. Adapun kecelakaan ini melibatkan trainset 20 dan trainset 29 LRT Jabodebek.

Direktur Utama PT INKA, Budi Noviantoro mengatakan kecelakaan terjadi di antara Stasiun Ciracas-Stasiun Harjamukti atau di sekitar wilayah Cibubur, Jaktim. Rencananya, trainset 29 itu akan diuji tim dari Ditjen Kereta Api Kementerian Perhubungan.

Lebih lanjut, Budi memastikan bahwa kondisi masinis hanya mengalami luka ringan. Menurut dia, masinis saat di bawa ke rumah sakit pun dalam kondisi sadar. Ia mengatakan hal ini menunjukkan bahwa kereta LRT kuat.

"Manisnya alhamdulliah tidak apa-apa, luka ringan dan sampai di rumah sakit masih sadar. Berarti keretanya kuat itu," katanya dalam konferensi pers, Senin, 25 Oktober.

Lebih lanjut, Budi mengaku belum bisa memastikan apakah masinis dalam kondisi kecapekan saat mengemudikan kereta LRT. Namun, Budi mengatakan kemungkinan adanya human error yang overspend atau melebihi kecepatan dalam kecelakaan tersebut.

"Ya nanti kita belum tahu. Tapi indikasi overspeed itu bisa karena ngantuk, mikir lah apa lah. Jaraknya pendek soalnya itu. Mikir atau apa, lupa, 'oh ada itu'. Kita nggak tahu. Kenapa cepet itu yang nanti diinvestigasi. Nanti ketahuan nanti," jelasnya.

Dugaan awal, kata Budi, overspend tersebut terindikasi terjadi saat proses langsir. Budi mengatakan nantinya investigasi lebih lanjut akan dilakukan oleh komite nasional keselamatan transportasi atau KNKT.

"Terindikasi adanya human error di mana masinis pada saat langsir ini kecepatannya melebihi. Tetapi itu nanti akan ditentukan oleh hasil KNKT," katanya.

"Indikasi awal berdasarkan situasi di lapangan seperti itu. Jadi pada saat langsir dia mau masuk ke ini, karena ini kan memang treknya belum beroperasi, belum naik penumpang, belum beroperasi semuanya, masih pada taraf pengujian baik infrastruktur, sarana nya itu sama-sama melakukan pengujian," sambungnya.

Sebelumnya, sebuah video di media sosial viral. Video tersebut menunjukkan menunjukkan dua kereta lintas rel terpadu atau LRT Jabodebek Cawang-Cibubur bertabrakan. Kecelakaan terjadi di ruas Munjul Jakarta Timur, siang tadi.

Video kecelakaan LRT tersebut telah ditonton sebanyak 146.604 kali, dan mendapati 1.210 komentar dari netizen.

"Tabrakan LRT Cibubur di di ruas Munjul Jakarta Timur, siang tadi 25/10/2021," demikian caution video, dikutip dari instagram @jakarta.terkini, Senin, 25 Okotber.

Namun, belum diketahui secara pasti penyebeb tabrakan LRT di ruas Munjul, Jakarta Timur tersebut.