LRT Jabodebek Tabrakan di Cibubur, Adhi Karya: Kemungkinan Sedang Uji Coba, Kalau Tidak ya Kereta Cuma <i>Stay</i> di Stasiun
LRT Jabodebek. (Foto: Dok. INKA)

Bagikan:

JAKARTA - Sebuah video di media sosial viral. Video tersebut menunjukkan menunjukkan dua kereta lintas rel terpadu atau LRT Jabodebek Cawang-Cibubur bertabrakan. Kecelakaan terjadi di ruas Munjul Jakarta Timur, siang tadi.

Video kecelakaan LRT tersebut telah ditonton sebanyak 197 ribuan kali, dan mendapati 1.400-an komentar dari netizen.

"Tabrakan LRT Cibubur di di ruas Munjul Jakarta Timur, siang tadi 25/10/2021," demikian caption video, dikutip dari Instagram @jakarta.terkini, Senin, 25 Okotber.

Seperti diketahui, kereta LRT tersebut tengah menjalani rangkaian uji coba, sebelum nantinya diresmikan untuk beroperasi secara massal.

Corporate Secretary Adhi Karya, Farid Budiyanto, kepada VOI, Senin 25 Oktober mengatakan, pihaknya selaku penyedia prasarana LRT Jabodebek menyatakan masih mencari informasi lengkap terkait kejadian ini.

"Uji coba kereta merupakan ranah INKA dan KAI. Janu sedang berkomunikasi dengan PT KAI dan INKA untuk mendalami kejadian di lapangan," ujar Farid.

Menurut Farid, disinyalir memang kejadian tabrakan ini karena sedang dilakukan uji coba LRT.

"Kemungkinan besar seperti itu, mengingat kalau tidak diuji coba dia (kereta) bakal stay statis di stasiun ya atau di stasiun-stasiun," jelas Farid.

Farid pun kembali menegaskan, kejadian ini di luar tanggung jawab Adhi Karya. Pasalnya, Adhi Karya hanya sebagi penyedia prasarana kereta seperti rel, struktur, dan per-signal-an.

"Bukan ranah kita, itu di ranah operator uji coba," kata Farid.