DAMRI Buka Layanan Rute Baru Jakarta-Jogja
FOTO VIA ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Perusahaan BUMN di bidang transportasi DAMRI resmi melayani rute Yogyakarta-Jakarta, untuk mendukung mobilitas masyarakat di dua wilayah itu.

"Rute baru Yogyakarta-Jakarta ini beroperasi melintasi Kota Solo," kata Kepala Divisi Sekretariat Perusahaan Sidik Pramono dikutip Antara, Selasa, 19 Okktober.

Jadwal layanan rute Jakarta-Yogyakarta ini berangkat setiap hari dari Pool DAMRI Kemayoran pukul 19.00 WIB, dengan tarif sebesar Rp195 ribu.

Sedangkan untuk rute sebaliknya Yogyakarta-Jakarta hanya tersedia setiap Kamis hingga Minggu dari Pool DAMRI Yogyakarta pukul 16.00 WIB, dengan tarif Rp170 ribu.

Begitu juga dengan rute Solo-Jakarta, tersedia setiap Kamis hingga Minggu dari Pool DAMRI Solo pukul 19.00 WIB dengan tarif sebesar Rp170 ribu.

Pramono mengatakan, fasilitas bus DAMRI Yogyakarta-Jakarta ini di antaranya AC, reclining seat, bagasi, serta konfigurasi bus sehat 1-1.

Menurut dia, hadirnya layanan itu merupakan bagian dari upaya DAMRI untuk mendukung mobilitas masyarakat kawasan Yogyakarta dan Jakarta.

Selama masa pandemi COVID-19, pihak DAMRI masih menerapkan beberapa persyaratan perjalanan bagi calon penumpang. Di antara syarat perjalanan tersebut menunjukkan kartu vaksin COVID-19 minimal dosis pertama.

Sedangkan bagi calon pelanggan dengan kondisi kesehatan khusus atau penyakit komorbid yang menyebabkan tidak dapat menerima vaksin, maka wajib melampirkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah yang menyatakan bahwa yang bersangkutan belum dan/atau tidak dapat mengikuti vaksinasi.

Syarat lainnya yang harus dipenuhi calon penumpang DAMRI ialah menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR maksimal 2x24 jam atau rapid tes antigen maksimal 1x24 jam sebelum keberangkatan.