Startup GajiGesa Fokus Tingkatkan Kesejahteraan Pekerja Sekaligus Dorong Produktivitas Perusahaan
Vidit Agrawal (kiri) dan Martyna Malinowska dari GajiGesa. (Foto: Istimewa)

Bagikan:

JAKARTA - Perusahaan rintisan (startup) GajiGesa menyatakan komitmennya dalam membantu para pekerja kelas menengah untuk mengakses penghasilan lebih awal.

Co-Founder GajiGesa Vidit Agrawal mengatakan skema ini sangat mungkin dijalankan mengingat GajiGesa bertindak sebagai fasilitator yang menjembatani kedua belah pihak, yakni perusahaan maupun pekerja.

“Melalui cara kami membangun kerja sama dengan perusahaan, maka para pekerja akan bisa mengakses gaji mereka lebih awal. Dan ini penting untuk kesehatan finansial para pekerja,” ujar Vidit kepada VOI di kantornya, Jumat, 15 Oktober.

Menurut Vidit, kebanyakan pekerja “blue worker” yang berpenghasilan terbatas seringkali dihadapkan pada kebutuhan sehari-hari yang mendesak. Situasi ini terkadang membuat pekerja tidak bisa menunggu hingga hari gajian tiba.

Untuk itu, GajiGesa dikatakan Vidit berusaha menutup celah tersebut dengan layanan akses salary lebih awal. Bahkan, bos startup itu mengklaim fasilitas ini bisa menyelamatkan para pekerja dari jerat utang instan yang berbunga tinggi.

“Mereka kadang kesulitan untuk mendapat akses permodalan, sehingga mencari solusi dengan mendatangi lembaga pinjaman tidak resmi, atau bahkan rentenir yang mengenakan bunga cukup tinggi bisa mencapai 350 persen pertahun,” tuturnya.

Tidak hanya itu, dalam GajiGesa juga telah tersemat fitur keuangan yang terintegrasi dengan berbagai macam aplikasi populer yang biasa digunakan masyarakat dalam aktivitas konsumsi.

“Pekerja bisa langsung menggunakan dana mereka, seperti menyalurkan dana ke rekening bank, ke dompet digital, membeli pulsa, paket data, bisa membayar tagihan, membayar asuransi, bahkan untuk berbelanja di gerai minimarket,” jelas dia.

Bagi perusahaan pemberi kerja, GajiGesa dapat mendorong produktivitas karyawan lebih optimal. Pasalnya, setiap dana yang dikucurkan kepada karyawan merupakan hasil pencatatan real time sesuai dengan kontribusi maupun waktu bekerja kepada perusahaan.

“Ini berarti meningkatkan efisiensi dan benefit yang didapat oleh perusahaan. Sehingga, apa yang kami tawarkan merupakan solusi terbaik bagi pekerja maupun pemberi kerja,” tegasnya.

Vidit sendiri mengaku telah berhasil menjalin sinergi dengan ratusan perusahaan yang memiliki ribuan pekerja di berbagai sektor ekonomi.

“Kami terbuka untuk bekerja sama dengan siapa pun dan dari industri manapun karena apa yang GajiGesa tawarkan adalah kesempatan untuk berkembang lebih baik bagi semua pihak,” tutup Vidit.