Bagikan:

JAKARTA - Setelah melalui serangkaian pelatihan dan seleksi, Festival Kreatif Lokal 2021 telah berhasil menyaring 50 Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Destinasi Super Prioritas (DSP) Danau Toba, Sumatera Utara, yang mayoritasnya bergerak dari sektor usaha kuliner. Pada proses seleksi tahap satu, 64 persen UKM bergerak di sektor Kuliner, 22 persen adalah UKM di bidang Kriya, dan Fashion 14 persen.

Seleksi dilakukan berdasarkan inovasi dan orisinalitas produk, visi-misi, model bisnis, serta strategi bisnis yang dikembangkan, dari 50 UKM tersebut terpilih sembilan local hero yang menjadi finalis pada masing-masing bidang ekonomi kreatif:

- Fashion:

1. Shan's Craft

2. UKM Sabina Collection

3. UKM Songket Tenun Medan

- Kriya:

1. D'Saka Indonesia

2. Borna

3. Perbunga Rintua

- Kuliner:

1. CV. Andaliman Mangintir

2. Dodol Sejahtera

3. CV. Raja Patin Indonesia

Selanjutnya para pelaku UKM local hero ini akan menjalani sejumlah kegiatan pelatihan dan materi tambahan untuk meningkatkan soft skill melalui aktivitas coaching camp yang diberikan Prasetiya Mulya Executive Learning Institute (ELI) dan Enterpreneur Camp (Ecamp).

Melalui Festival Kreatif Lokal 2021, pelaku UKM di DSP Danau Toba diharapkan mendapatkan wawasan baru mengenai praktik menumbuhkan usahanya, agar dikenal dalam lingkup nasional, tetapi juga menarik untuk dipasarkan secara global.

"Adira Finance ingin tumbuh bersama dengan pelaku UKM sesuai janji untuk menjadi ‘Sahabat Setia Selamanya’. Festival Kreatif Lokal 2021 adalah momen yang tepat untuk berkolaborasi, tidak hanya UKM di DSP Danau Toba, tapi juga secara umum semua UKM di Sumatera Utara," ujar Regional Collection Head Sumatera-1 Adira Finance Tengku Zainal Arifin, di Medan, Sumatera Utara dalam webinar, Kamis 30 September.

Kolaborasi ini akan menjadi momentum akselerasi bagi pelaku UKM dalam meningkatkan kapasitas dan kapabilitas, sehingga dapat memunculkan pelaku usaha ekonomi kreatif yang kompeten, dan pada akhirnya menjadi nilai tambah terhadap daya tarik wisata, khususnya di DSP Danau Toba.

"Penyelenggaraan Festival Kreatif Lokal 2021 diharapkan memiliki dampak secara berkelanjutan, sehingga UKM yang menjadi local hero, setelah mendapatkan pelatihan dan mentoring, dapat juga menjadi ikon bagi UKM terutama di DSP Danau Toba," jelas Zainal.

Selain tambahan pelatihan, sembilan UKM local hero ini akan menjalani proses penjurian lanjutan dari para tokoh yang memiliki kepakaran dan pengalaman dalam bidang bisnis serta ekonomi kreatif. Dewan Juri ini terdiri dari pendiri M-bloc Space, Handoko Hendroyono, selaku Ketua Dewan Juri; serta sebagai Anggota Dewan Juri adalah Direktur Utama Adira Finance, Hafid Hadeli; Deputi Pemasaran Ekonomi Kreatif Kemenparekraf RI, Nia Niscaya; Direktur SDM & Marketing Adira Finance, Swandajani Gunadi; Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif Kemenparekraf RI, Yuana Rochma Astuti; serta Direktur Adira Insurance, Wayan Pariama.

UKM local hero terbaik pilihan juri berhak mendapatkan Kreatif Lokal Award yang akan diserahkan saat acara Gebyar Adira Kreasi pada 13 November 2021, bertepatan dengan perayaan HUT ke-31 Adira Finance di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Sebagai tambahan motivasi, UKM terbaik juga akan mendapatkan hadiah senilai total ratusan juta rupiah berupa tambahan modal usaha, dan eksposur di berbagai media nasional, baik cetak maupun online. Manfaat pelatihan dan pendampingan pada Festival Kreatif Lokal 2021 sangat dirasakan Sri Dewi Yana, sebagai pemilik usaha Sabina Collection yang menjadi peserta pada Festival Kreatif Lokal 2021. Menurutnya program ini memberikan kesempatan luas untuk menciptakan kolaborasi, serta memberikan ide dan sudut pandang baru mengenai pengembangan usaha.

"Festival Kreatif Lokal 2021 menjadi peluang emas agar bisnis yang dirintis dapat terus tumbuh, serta membuka wawasan baru mengenai pengelolaan bisnis bukan sematamata mengandalkan modal, tetapi juga inovasi dan adaptasi terhadap perkembangan," ucap pelaku UKM dari DSP Danau Toba ini.

Demi menyukseskan Festival Kreatif Lokal 2021, Adira Finance menggandeng beberapa pihak untuk mendukung penyelenggaraannya, baik dari pemerintah maupun swasta, seperti MUFG, Zurich, Adira Finance Syariah, serta Baba Rafi Enterprise dan Prasetiya Mulya ELI.

Melalui Festival Kreatif Lokal 2021, Adira Finance mewujudkan dukungan terhadap kampanye nasional #BeliKreatifLokal dan Bangga Buatan Indonesia. Kegiatan ini menjadi program corporate social responsibility (CSR) Adira Finance yang diselenggarakan sejalan dengan komitmen perusahaan untuk memberikan kontribusi terbaik kepada bangsa, demi meningkatkan kesejahteraan. Hal ini sejalan visi Adira Finance yaitu "Menciptakan Nilai Bersama untuk Meningkatkan Kesejahteraan".