Adira Finance - Kemenparekraf RI Pimpinan Sandiaga Uno Gelar Festival Kreatif Lokal 2021 Dukung Pertumbuhan UKM di Destinasi Super Prioritas
Konferensi pers Festival Kreatif Lokal (FKL). (Foto: Dok. Adira Finance)

Bagikan:

JAKARTA - Adira Finance bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI) kembali menggelar Festival Kreatif Lokal (FKL) untuk yang kedua kali, mengangkat tema "Tumbuh Bersama Sahabat". Tema ini menjadi motivasi agar para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) tumbuh bersama melalui kolaborasi, dan menunjukkan semangat terus maju.

Festival Kreatif Lokal 2021 akan berlangsung hingga November nanti. Kegiatan yang konsisten diadakan setiap tahun ini, merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR) Adira Finance untuk Indonesia, khususnya Sahabat Lokal yang fokus terhadap pemberdayaan sektor pariwisata, budaya, kearifan lokal, dan UMKM.

Festival Kreatif Lokal 2021 merupakan wujud komitmen Adira Finance untuk mendukung pengembangan ekonomi kreatif melalui program Kemenparekraf RI #BeliKreatifLokal dan Bangga Buatan Indonesia, khususnya bagi pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di lima Destinasi Super Prioritas (DSP) Pariwisata Indonesia, yakni Danau Toba, Sumatera Utara; Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur; Borobudur, Jawa Tengah; Likupang, Sulawesi Utara; Mandalika, Nusa Tenggara Barat.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mengapresiasi konsistensi Adira Finance yang terus mendukung pelaku UKM di sektor pariwisata melalui Festival Kreatif Lokal 2021.

"Gelaran Festival Kreatif Lokal 2021 bukti konsistensi dan kepedulian Adira Finance terhadap pelaku UKM di sektor pariwisata. Lebih utama lagi, Festival Kreatif Lokal 2021 menjadi modal bagi pelaku UKM di lima Destinasi Super Prioritas untuk tumbuh dan menunjukkan semangat terus maju di tengah tantangan," kata Sandiaga, Rabu, 1 September.

Festival Kreatif Lokal 2021 menjadi peluang untuk meningkatkan kapasitas UKM dalam beradaptasi serta berinovasi terhadap perkembangan dunia usaha, terutama pada industri pariwisata. Selain sebagai modal untuk bertumbuh, Festival Kreatif Lokal 2021 juga bermanfaat bagi pelaku UKM dalam mendapatkan pelatihan karena menggunakan metode practical, sehingga dapat diterapkan langsung dalam bisnis UKM. Hal ini menjadi peluang besar bagi UKM dalam memaksimalkan potensi usaha ke depannya.

"Festival Kreatif Lokal 2021 sejalan dengan program Kemenparekraf RI dalam menggerakkan kembali roda perekonomian di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia, serta merupakan langkah nyata berkelanjutan yang dilakukan Adira Finance, sebagai contoh kolaborasi yang baik di mana pihak swasta turut membantu kemajuan UKM di lima Destinasi Super Prioritas Pariwisata Indonesia," lanjut Sandiaga.

Pada kesempatan yang sama Direktur Utama Adira Finance, Hafid Hadeli, menjelaskan, Festival Kreatif Lokal 2021 merupakan salah satu rangkaian kegiatan HUT ke-31 Adira Finance. Melalui kegiatan ini, pihaknya mendukung upaya pemerintah, khususnya Kemenparekraf RI, dalam memajukan UKM sektor ekonomi kreatif agar bersama-sama tumbuh membangun perekonomian Indonesia di tengah masa pandemi.

"Program ini diselenggarakan sejalan dengan visi perusahaan dalam Menciptakan nilai bersama untuk meningkatkan kesejahteraan," jelas Hafid Hadeli.

Festival Kreatif Lokal 2021 terdiri dari beberapa kegiatan yang meliputi:

1. Grand Launching Festival Kreatif Lokal 2021.

2. Kreatif Lokal Award 2021, sebagai wujud apresiasi Adira Finance kepada individu pelaku wirausaha, yang telah menunjukkan prestasi baik dan memberdayakan masyarakat sekitarnya melalui inovasi dan kreativitas. Rangkaiannya dimulai dari pendaftaran peserta UKM, seleksi, hingga penjurian finalis.

3. Malam Gebyar Adira Kreasi 2021 yang menjadi acara puncak rangkaian Festival Kreatif Lokal 2021. Acara ini diselenggarakan bertepatan dengan HUT ke-31 Adira Finance pada November mendatang bertempat di Candi Borobudur, Jawa Tengah.

Festival Kreatif Lokal 2021 berupaya mencari UKM terbaik dari tiga kategori bidang ekonomi kreatif, yaitu Kuliner, Kriya, dan Fashion, dari masing-masing lima Destinasi Super Prioritas pariwisata Indonesia. Pada prosesnya, UKM peserta Festival Kreatif Lokal 2021 akan diseleksi dan dinilai berdasarkan inovasi dan orisinalitas produk, visi-misi, model bisnis, serta strategi bisnis yang dikembangkan.

Selain itu, tujuan, sekaligus dampak usaha terhadap pengembangan ekosistem daerah wisata, termasuk juga unsur kebudayaan dan pemberdayaan sumber daya masyarakat di sekitar lokasi usaha mereka.

Para pemenang akan mendapatkan hadiah senilai total ratusan juta rupiah berupa modal usaha, pelatihan bisnis, dan eksposur di berbagai media nasional, baik cetak maupun online. Untuk dapat mengikuti Kreatif Lokal Award, peserta UKM di lima Destinasi Super Prioritas Pariwisata Indonesia bisa mendaftarkan diri melalui situs resmi Festival Kreatif Lokal 2021 di www.festivalkreatiflokal.co.id atau adira.id/festivalkreatiflokal-pr mulai 1 hingga 22 September 2021.

Selain melalui situs tersebut, masyarakat dapat juga mengakses informasi rinci terkait jadwal rangkaian acara di masing-masing lokasi Destinasi Super Prioritas Pariwisata Indonesia, informasi profil juri dan mentor pendamping peserta, serta beragam aktivitas selama perhelatan Festival Kreatif Lokal 2021, di media sosial Adira Finance.

Penyelenggaraan Festival Kreatif Lokal 2021 turut didukung berbagai pihak, baik dari pemerintah maupun swasta, seperti MUFG, Zurich, Adira Finance Syariah, dan Baba Rafi Enterprise.

Dalam hal ini, Zurich melalui salah satu anak usahanya, PT Asuransi Adira Dinamika Tbk (Adira Insurance) terus mendukung FKL 2021 yang sejalan dengan komitmen Zurich untuk mendukung perkembangan perekonomian Indonesia dan industri asuransi pada khususnya.

Direktur Adira Insurance, Wayan Pariama, mengatakan, Zurich sangat bangga dapat mendukung Festival Kreatif Lokal yang bertujuan untuk membuka peluang baru bagi para UMKM. Pihaknya yakin kegiatan ini mampu mendorong pertumbuhan dan meningkatkan daya saing UMKM sehingga akan berdampak positif bagi perekonomian Indonesia secara keseluruhan

"Zurich akan hadir bagi pelaku UMKM untuk memberikan edukasi mengenai pentingnya perlindungan dalam menjalankan usaha. Tidak hanya perlindungan atas asset usaha, namun juga perlindungan untuk diri sendiri, keluarga, hingga karyawan, yang tentunya sangat berpengaruh jalannya usaha tersebut," ujar Wayan.