Dapat Sponsor Bank Indonesia, Rektor UI Ari Kuncoro Resmikan Pojok Baca BI Corner di Kampusnya
Rektor Universitas Indonesia Ari Kuncoro. (Foto: Dok. FEB UI)

Bagikan:

JAKARTA - Universitas Indonesia (UI) bersama dengan Bank Indonesia (BI) meresmikan fasilitas pojok baca BI Corner di Kampus UI Depok.

Rektor Universitas Indonesia Ari Kuncoro mengatakan pihaknya mengapresiasi inisiatif dari bank sentral untuk mendirikan fasilitas baca di Perpustakaan UI. Menurut dia, ruang publik ini dapat menjadi sarana edukasi yang berguna tidak hanya bagi mahasiswa, namun juga bagi masyarakat umum yang datang ke UI.

“Kami harapkan keberadaan BI Corner dapat memberikan wawasan yang lebih mendalam mengenai kebijakan-kebijakan terbaru apa saja yang dilakukan oleh BI dan juga dapat memotivasi mahasiswa dalam membudayakan membaca dan menulis," ujarnya dalam keterangan pers dikutip Sabtu, 4 September.

Dalam kesempatan yang sama, Deputi Gubernur Senior BI Destry Damayanti mengungkapkan bahwa BI Corner ini dimaksudkan untuk memberikan akses literatur terkini yang berkualitas bagi masyarakat.

“Terutama akses literatur di bidang ekonomi dan keuangan. Selain itu, BI Corner ini juga bertujuan untuk mengenalkan dan memberi pemahaman kepada masyarakat akan tugas dan peran Bank Indonesia dalam perekonomian," tuturnya.

Sebagai informasi, BI Corner diresmikan melalui seremoni pembukaan secara virtual pada Kamis, 3 September 2021. Sarana ini diklaim menyediakan 250 judul buku dalam bahasa Indonesia dan 100 judul buku dalam bahasa Inggris terkait keuangan dan ekonomi yang dapat diakses oleh semua orang secara gratis. Koleksi pustaka ini tersedia dalam bentuk cetak, audio visual, dan elektronik.

Jenis bacaan terdiri dari berbagai jenis, mulai dari perbankan, ekonomi, keuangan, perpajakan sampai buku fiksi. Koleksi bacaan ini disebutkan bakal terus ditambah setiap tahun melalui mekanisme pengkinian buku yang dilakukan BI.

Tidak hanya dalam bentuk fasilitas pojok buku, kerja sama BI Corner ini juga akan mencakup penyelenggaraan seminar/kuliah umum, diskusi, bedah buku, serta kompetisi mahasiswa seperti speech contest, English debate maupun lomba resensi buku.

“Keberadaan BI Corner ini merupakan dukungan Bank Indonesia untuk mewujudkan visi Perpustakaan UI, yaitu memberikan layanan perpustakaan bermutu bagi masyarakat melalui pemanfaatan sumber daya informasi dan teknologi,” tutup Destry.