Bocoran dari Sri Mulyani: Vaksin Merah Putih Segera Diproduksi
Ilustrasi (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menegaskan jika pemerintah mengalokasikan belanja vaksin COVID-19 hingga sebesar Rp36 triliun pada sepanjang 2022. Hal tersebut disampaikan Menkeu saat menggelar konferensi pers APBN Kita secara virtual kemarin.

Menurut dia, dana tersebut merupakan anggaran pengadaan vaksin gratis yang akan didistribusikan bagi masyarakat.

“Kita akan terus mendorong tercapainya herd immunity dengan menggunakan APBN sebagai belanja yang nanti akan disalurkan gratis kepada masyarakat,” ujarnya, Rabu, 25 Agustus.

Menkeu menambahkan, untuk tahun depan pemerintah nampaknya akan menjalankan program vaksin mandiri yang sempat terhenti pada tahun ini. Dikatakan pula langkah itu berkaitan dengan wacana penetapan COVID-19 sebagai endemi dan bukan lagi pandemi.

Meski demikian pemerintah menurut Menkeu masih akan tetap mempertimbangkan kondisi yang terjadi pada saat itu.

“Pemerintah berharap nanti Vaksin Merah Putih akan bisa segera diproduksi dan mendukung pengadaan vaksin di dalam negeri,” tuturya.

Adapun, realisasi anggaran kesehatan pada tahun ini sampai dengan 31 Juli telah mencapai Rp50,7 triliun. Dari angka tersebut, Rp11,7 triliun diantaranya digunakan untuk pengadaan vaksin sebanyak 65,8 juta dosis.

Sementara Rp25,4 triliun lainnya digunakan untuk pembayaran biaya pasien COVID-19 di sejumlah rumah sakit rujukan.