Mal Milik Konglomerat Ciputra Vaksinasi <i>Tenant</i>, tapi Bukan Vaksin Gotong Royong dari Kadin
Ilustrasi. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Pengelola Mal Ciputra Jakarta bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta memfasilitasi vaksinasi dosis pertama untuk para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) terdaftar dan karyawan penyewa gerai atau tenant Mal Ciputra Jakarta selama tiga hari pada 24, 25 dan 27 Mei 2021.

"Kami senang menjadi sentra vaksinasi dan turut aktif berpartisipasi menyukseskan program pendistribusian dosis pertama vaksin COVID-19 bagi UKM terdaftar dan karyawan tenant Mal Ciputra Jakarta sebagai garda terdepan yang berinteraksi secara langsung dengan publik," kata General Manager Mal Ciputra Jakarta Ferry Irianto, dikutip dari Antara, Selasa 25 Mei.

Menurut Ferry, program ini diharapkan dapat dimanfaatkan semua pihak agar bisa mengurangi angka penyebaran dan bisa melawan virus COVID-19 yang tujuan akhirnya terbentuk kekebalan kelompok.

Pelaksanaan vaksinasi dimulai pukul 08.00 hingga 14.00 WIB untuk pendaftaran, sedangkan pelaksanaan vaksinasi digelar hingga pukul 16.00 WB. Mal Ciputra Jakarta menargetkan pendistribusian vaksin sebanyak 1.800 dosis yang dibagi selama tiga hari dengan rata-rata per hari 600 orang.

Ferry mengatakan, saat ini vaksin yang digunakan adalah vaksin yang tersedia di Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta yaitu Astrazeneca. Ia juga menegaskan bahwa vaksinasi yang diselenggarakan ini bukanlah Vaksin Gotong Royong yang dikoordinasikan oleh Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin).

Pengelola Mal Ciputra Jakarta konsisten mengingatkan pengunjung dan para tenant tentang protokol kesehatan terutama selama program vaksinasi ini berlangsung, seperti wajib menggunakan masker, mencuci tangan dengan menggunakan sabun, pengecekan suhu, hand sanitizer touchless di beberapa titik, imbauan jaga jarak, menempatkan tanda di fasilitas utama mal (escalator dan lift dengan tombol touchless).

Pengumunan secara berkala juga dilakukan petugas informasi selalu mengingatkan pengunjung untuk menjaga jarak dan memperhatikan prokes yang berlaku, hingga petugas keamanan yang berkeliling untuk memantau dan mengecek kondisi pengunjung.

Mal Ciputra Jakarta mempersiapkan pelaksanaan pendistribusian vaksin ini dengan dukungan oleh Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi DKI Jakarta, Asosiasi Pengelola Pusat Belanja DPD DKI Jakarta, Puskesmas Grogol Petamburan dan Ciputra Hospital. Termasuk dalam penyediaan tenaga kesehatan, sarana Mini ICU, unit ambulan, peralatan dan perlengkapan kesehatan standar vaksinasi sesuai dengan ketentuan.

Pengelola Mal Ciputra Jakarta juga menyiagakan ruangan ICU mini di tempat observasi untuk berjaga-jaga apabila ada yang mengalami kejadian ikutan pascaimunisasi (KIPI) setelah divaksin. Selain itu Mal Ciputra Jakarta juga menyiagakan satu unit ambulan apabila terdapat pasien yang membutuhkan pelayanan kesehatan yang lebih lengkap seperti di rumah sakit.