JAKARTA - Bank Indonesia (BI) ungkap keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini mengalami peningkatan pada November 2024. Hal tersebut berdasarkan hasil survei konsumen (BI) yang menunjukkan bahwa Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) November 2024 tercatat sebesar 125,9, lebih tinggi dibandingkan dengan indeks pada bulan sebelumnya sebesar 121,1.
Adapun, meningkatnya keyakinan konsumen pada November 2024 bersumber dari menguatnya keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini maupun kondisi ekonomi ke depan.
Berdasarkan hasil survei Bank Indonesia (BI) Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) mencapai 113,5, lebih tinggi bila dibandingkan Oktober 2024 yang sebesar 109,9. Sedangkan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) November 2024 sebesar 138,3 atau lebih tinggi jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang mencapai 132,4.
Berdasarkan kategori pengeluaran, keyakinan konsumen di bulan November 2024 tercatat meningkat untuk seluruh kategori. Peningkatan IKK tertinggi tercatat pada responden dengan pengeluaran lebih dari Rp5 juta. Selain itu berdasarkan usia, IKK juga meningkat pada seluruh kelompok usia.
Secara spasial, IKK meningkat di sebagian besar kota yang disurvei, tertinggi di Kota Padang 16,3 poin diikuti Palembang 11,5 poin dan Ambon 9,8 poin.
Menguatnya IKE November 2024 didorong oleh indeks penghasilan saat ini, indeks ketersediaan lapangan kerja, dan indeks pembelian barang tahan lama (durable goods), masing-masing meningkat dari 117,9, 104,7, dan 107,0 menjadi sebesar 121,9, 110,1, dan 108,4.
Sementara secara spasial, sebagian besar kota mencatatkan peningkatan IKE, terbesar di Kota Palembang 10,7 poin, disusul Pontianak 9,3 poin dan Medan 8,7 poin.
BACA JUGA:
Adapun optimisme responden terhadap penghasilan saat ini terindikasi tetap kuat pada seluruh kelompok pengeluaran dan usia. Indeks tertinggi tercatat pada responden dengan pengeluaran diatas Rp5 juta dan kelompok usia 20 – 30 tahun.
Selanjutnya, persepsi responden terhadap ketersediaan lapangan pekerjaan saat ini terindikasi meningkat pada seluruh tingkat pendidikan. Berdasarkan kelompok usia, indeks meningkat pada seluruh kelompok usia, kecuali usia diatas 60 tahun.
Kemudian, keyakinan konsumen dalam melakukan pembelian durable goods juga terpantau meningkat. Dari sisi pengeluaran, indeks meningkat terutama pada kelompok pengeluaran diatas Rp5 juta, dan hanya pengeluaran kisaran Rp4,1 juta – Rp5 juta yang mengalami penurunan.
Lalu, berdasarkan kelompok usia, indeks tertinggi tercatat pada kelompok usia 20 - 30 tahun. Sedangkan pada usia 31-40 tahun dan 41-50 tahun tercatat turun.