Bagikan:

JAKARTA - Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (Ditjen Hubud) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terus berupaya melakukan efisiensi penerbitan lisensi perawatan pesawat udara untuk meningkatkan kemampuan personel serta memastikan standar keselamatan dan kualitas operasional yang lebih baik di sektor penerbangan.

Kepala Sub Direktorat Lisensi Personel Perawatan dan Pengoperasian Pesawat Udara Ditjen Hubud Kemenhub Win Warsono mengatakan salah satu upaya yang dilakukan yakni melalui sosialisasi pelayanan penerbitan sertifikat ahli perawatan pesawat udara (PEL Online).

"Forum ini diharapkan dapat menjadi ajang sosialisasi sehingga dapat mempermudah para personel perawatan pesawat udara untuk memperoleh lisensi," kata Win mengutip Antara.

Ditjen Hubud Kementerian Perhubungan menyelenggarakan forum konsultasi publik untuk mensosialisasikan pelayanan yang Penerbitan Sertifikat Ahli Perawatan Pesawat Udara (PEL Online).

Sosialisasi dengan tema Penggunaan Tanda Tangan Elektronik dan Pembacaan Barcode Berbasis Aplikasi dilaksanakan di Gedung Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Udara, Tangerang.

"Implementasi pelayanan online dapat mempersingkat waktu layanan," ujarnya.

Menurut dia, hadirnya PEL Online memberikan kemudahan dalam pelayanan terbaik bagi operator penerbangan, dengan mempercepat waktu layanan, mempermudah proses administrasi, dan menciptakan kepastian hukum untuk pelayanan prima.

Lebih lanjut Win menjelaskan pada forum ini, Ditjen Hubud ikut melibatkan unsur publik selaku penerima layanan dalam penyelenggaraan pelayanan publik.

Ia menuturkan, sinergi dan kolaborasi antara Ditjen Hubud dan pemangku kepentingan penerbangan diperlukan agar berbagai program layanan publik dapat berjalan optimal dan menjamin operasional penerbangan dilakukan sesuai dengan standar keselamatan yang tinggi.

"Dengan pelibatan semua pihak pada forum ini dapat menjadi ajang tukar pikiran dalam proses peningkatan dan pengembangan PEL Online tersebut,” ucap Win.

Win menegaskan bahwa Ditjen Hubud Kemenhub terus berupaya meningkatkan kemampuan personel perawatan pesawat, guna memastikan standar keselamatan dan kualitas operasional yang lebih baik dalam dunia penerbangan.

Ia menerangkan, salah satu upaya yang dilakukan dalam meningkatkan kemampuan personel dalam perawatan pesawat, termasuk melalui sosialisasi pelayanan penerbitan sertifikat ahli perawatan pesawat udara (PEL Online).

"Ini juga diharapkan dapat mendukung peningkatan kompetensi personel penerbangan terutama bagi personel perawatan pesawat," kata Win.