Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengemukakan keberadaan Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi kunci keberhasilan pengembangan desa wisata dengan mengoptimalkan pemasaran secara digital.

"Peran sumber daya manusia vital dalam sektor pariwisata, terutama dalam pengembangan dan pemasaran produk wisata, juga pengembangan aset wisata," kata Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Martini Mohamad Paham dilansir ANTARA, Jumat, 13 September.

Ia mengatakan SDM memiliki andil penting dalam pengembangan desa wisata. Pembangunan fisik tidak akan optimal tanpa dukungan peningkatan kapasitas penggerak dan pengelola, yakni warga dan para pelaku pariwisata.

“Pariwisata tidak akan berhasil tanpa kehadiran SDM, karena itu kami mendorong upaya memajukan dan menyadarkan masyarakat untuk pengembangan desa wisata,” kata dia.

Ia menyatakan, mewujudkan desa wisata tidak bisa bekerja sendiri melainkan harus ada kolaborasi dari pemerintah desa, pokdarwis juga pelaku wisata dan berbagai macam unsur pentahelix.

"Di pusat kami menyebutnya ABCGM yakni akademisi, bisnis, komunitas yakni pemerintah pusat dan daerah, serta teman- teman media untuk bersama membangun desa wisata di Negeri Laha," katanya.

Pemerintah, katanya, tentu tidak bisa terus menerus memfasilitasi seluruh kegiatan, tetapi akan dilanjutkan dengan mencari pendampingan, melalui mitra kerja perusahaan.

Pihaknya akan mencoba mencari berbagai mitra seperti Pertamina kemudian juga pihak perbankan yang nanti bisa menjadi bapak asuh untuk melanjutkan pengembangan desa wisata.

"Insyaallah pendampingan akan terus dilanjutkan melalui kerja sama dengan berbagai mitra, sehingga desa wisata negeri Laha terus menjadi desa yang berkualitas dan naik kelas menjadi desa wisata mandiri," katanya.