Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan Bandara VVIP di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, sudah selesai.

Basuki menyebut, dari segi infrastruktur, bandara tersebut sudah selesai dan akan segera ditinjau.

"Insyaallah, bandara sudah selesai dan makanya saya mau lihat besok," ujar dia saat ditemui wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, 11 September.

Namun Basuki belum dapat memastikan apakah bandara tersebut sudah bisa beroperasi atau belum, karena harus menunggu uji kelaikan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Saat ini, kata dia, pihaknya sudah menyelesaikan beberapa infrastruktur seperti runway, taxiway dan apron.

"Ini tergantung dengan Menteri Perhubungan (Budi Karya Sumadi) karena layak fungsinya dari Kementerian Perhubungan. Tapi, menurut kami dari prasarana baik runway, taxiway dan apron sudah selesai," katanya.

Dia menambahkan, untuk landasan pacu atau runway, pengerjaan sudah diselesaikan namun belum sepenuhnya. Basuki bilang, tersisa pekerjaan pemasangan lampu landasan yang masih harus segera diselesaikan agar runway siap beroperasi seratus persen.

"Saya kira, kan, harus ada lampu lampu dulu itu yang belum mudah-mudahan bisa segera," imbuhnya.

Sebelumnya, Basuki menargetkan panjang runway Bandara VVIP IKN bisa tembus 2.200 meter selesai pada Senin malam, 9 September 2024. Landasan ini diharap siap digunakan untuk Presiden Jokowi untuk kepindahannya.

"Sekarang sudah 2.100 (meter) lebih panjang landasannya dari yang dibutuhkan 2.200 m. Jadi, saya kira mudah-mudahan sore ini atau malam ini sudah bisa 2.200," ujarnya.