Bagikan:

YOGYAKARTA - Indonesia merupakan negara agraris dengan sumber daya alam yang melimpah, terutama di sektor pertanian. Beragam hasil pertanian telah menjadi komoditas utama yang diminati di pasar global. Terdapat beberapa komoditas ekspor Indonesia yang berasal dari hasil pertanian. 

Tanah yang subur dan iklim yang mendukung pun membuat hasil pertanian di Indonesia tak hanya melimpah, namun juga berkualitas tinggi. Sudah dikenal oleh banyak negara bahwa komoditas hasil pertanian di negeri ini memiliki kualitas yang baik. Faktor ini juga yang mempengaruhi harga tinggi di pasar internasional.

Komoditas ekspor dari pertanian yang dikirim ke luar negeri ada beragam, mulai dari kopi, rempah-rempah, teh, dan lainnya. Beberapa di antaranya bahkan menjadi komoditas ekspor unggulan yang berkontribusi besar terhadap perekonomian nasional. 

Sementara negara tujuan ekspor Indonesia juga tersebar ke berbagai belahan dunia, mulai dari China, Afrika, India, Amerika Serikat, Rusia, Inggris, dan lainnya. Lantas apa saja komoditas ekspor hasil pertanian dari Indonesia yang mendapat permintaan tinggi?

Komoditas Ekspor Indonesia yang Berasal dari Hasil Pertanian

Hasil pertanian yang melimpah dan berkualitas menjadi andalan Indonesia untuk meningkatkan kondisi perekonomian negara. Berikut ini beberapa komoditas ekspor hasil pertanian Indonesia yang terkenal dan diminati banyak negara:

Teh

Sejak lama, teh telah menjadi salah satu minuman paling digemari di dunia. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika teh produksi Indonesia mendapat perhatian dari banyak negara. Hal inilah yang mendorong pemerintah untuk mengekspor teh ke berbagai negara. 

Salah satunya negara tujuan ekspor teh dari Indonesia adalah Amerika Serikat. Indonesia pernah mengirimkan 176 ton teh untuk pasokan franchise kopi Starbucks. Selain itu, negara-negara seperti Malaysia, Jepang, Rusia, Inggris, Jerman, dan Pakistan juga menjadi tujuan utama ekspor teh Indonesia.

Kopi

Selain teh, komoditas pertanian lainnya yang menjadi andalan ekspor Indonesia adalah kopi. Seperti yang mungkin sudah banyak diketahui, kopi merupakan minuman yang sangat digemari di seluruh dunia.

Beruntungnya, Indonesia termasuk salah satu negara penghasil kopi terbesar secara global. Saat ini, berbagai jenis kopi asli Indonesia telah berhasil menembus pasar internasional. Salah satu yang paling dikenal adalah kopi luwak yang dijual dengan harga premium. Selain itu, jenis kopi arabika dan robusta juga banyak diekspor ke luar negeri.

Beberapa daerah di Indonesia yang menjadi penghasil kopi terbaik mencakup Sumatra, Jawa, Bali, dan Sulawesi. Tidak hanya biji kopi mentah, Indonesia juga mengekspor produk olahan kopi seperti kopi bubuk, kopi instan, hingga kopi siap minum. Negara-negara tujuan utama ekspor kopi Indonesia meliputi ASEAN, Jepang, dan beberapa negara di Eropa.

Kelapa Sawit

Kelapa sawit adalah komoditas pertanian terbesar yang diekspor oleh Indonesia. Minyak kelapa sawit digunakan dalam berbagai industri, mulai dari makanan, kosmetik, hingga biodiesel. 

Indonesia merupakan produsen utama minyak sawit dunia, dengan negara-negara seperti India, China, dan Eropa sebagai pasar utamanya. Produksi minyak sawit memberikan kontribusi signifikan terhadap perekonomian nasional, meskipun dalam beberapa tahun terakhir, isu terkait keberlanjutan dan deforestasi menjadi perhatian penting.

Kakao

Kakao juga merupakan salah satu komoditas ekspor pertanian Indonesia. Kakao yang dihasilkan dari berbagai daerah seperti Sulawesi dan Sumatera banyak diminati di pasar dunia. Kakao banyak diminati sebagai bahan baku utama pembuatan cokelat

Beberapa negara tujuan ekspor kakao Indonesia yaitu seperti Malaysia, Amerika Serikat, dan Belanda. Meski Indonesia bukan produsen kakao terbesar di dunia, kualitas kakao dari negara ini tetap menjadi andalan bagi industri cokelat global.

Karet

Indonesia adalah salah satu produsen karet alam terbesar di dunia. Karet alam dari Indonesia digunakan dalam berbagai industri, termasuk otomotif, manufaktur, dan kesehatan. 

Ekspor karet Indonesia menjangkau berbagai negara, seperti Jepang, Amerika Serikat, dan China. Dengan permintaan karet alam yang terus meningkat di pasar global, komoditas ini menjadi salah satu sumber devisa penting bagi negara.

Rempah-Rempah

Indonesia juga dikenal sebagai penghasil rempah-rempah berkualitas, seperti pala, cengkeh, lada, dan kayu manis. Sejak zaman kolonial, rempah-rempah Indonesia telah menjadi komoditas penting di pasar dunia. 

Hingga saat ini, rempah-rempah dari Indonesia dikirim ke negara-negara Eropa, Timur Tengah, dan Asia yang menjadi tujuan utama ekspornya. Kualitas rempah yang dihasilkan dari tanah subur Indonesia menjadikannya tetap diminati hingga kini.

Tembakau

Tembakau Indonesia dikenal dengan aroma dan kualitasnya yang khas. Tanaman yang satu ini menjadi salah satu komoditas ekspor dari Indonesia yang populer di pasar internasional. Beberapa negara tujuan ekspor tembakau Indonesia adalah Amerika Serikat, Belanda, dan Jerman. 

Meskipun industri tembakau menghadapi tantangan terkait regulasi kesehatan, komoditas ini tetap memberikan kontribusi yang signifikan bagi ekspor Indonesia.

Vanili

Produksi vanili di Indonesia cukup melimpah, sehingga sering diekspor ke berbagai negara. Bahkan Indonesia dikenal sebagai salah satu pengekspor vanili terbesar di dunia. 

Menariknya, selama periode 2015-2018, volume ekspor vanili Indonesia beserta produk turunannya terus meningkat. Perkembangan ini menjadikan Indonesia sebagai eksportir vanili terbesar ketiga di dunia, setelah Madagaskar dan Perancis.

Demikianlah sejumlah komoditas ekspor Indonesia yang berasal dari hasil pertanian. Beberapa hasil pertanian di atas sudah terkenal akan kualitas dan jumlahnya yang berlimpah, sehingga terus diminati oleh berbagai negara di dunia. Baca juga daftar komoditas unggulan Indonesia di pasar ekspor dunia.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.