Bagikan:

JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkapkan penyelenggaraan transportasi selama pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), 10 tahun terakhir ini menghadapi tantangan yang luar biasa.

“Penyelenggaran transportasi selama 10 tahun terakhir menghadapi tantangan yang luar biasa. Situasi pandemi yang sempat terjadi dan memaksa berbagai pihak untuk melakukan pengereman,” tuturnya dalam keterangan resmi, Jumat, 6 September.

Namun, sambung Budi, kondisi tersebut tidak menyurutkan perjuangan untuk lebih giat melakukan pembangunan agar Indonesia tidak mengalami ketertinggalan.

Budi bilang Hub Space 2024 ini menjadi momen istimewa, sebab kerja sama seluruh stakeholder telah berhasil menuntaskan amanah penyelenggaraan transportasi sesuai visi dan misi Presiden Jokowi selama 10 tahun terakhir, yakni mewujudkan Indonesia sentris.

“Seluruh lapisan masyarakat di Indonesia semakin nyata dapat merasakan integrasi serta konektivitas transportasi, sehingga memudahkan mobilitas. Untuk itulah, tema Hub Space yang diusung pada tahun ini Integrated Mobility for All,” ungkapnya.

Kemenhub, sambung Budi, berhasil menuntaskan pembangunan terhadap 45 Proyek Strategis Nasional, membangun dan merehabilitasi 193 pelabuhan laut, membangun dan merehabilitasi 91 bandar udara, membangun 157 infrastruktur transportasi di sektor darat, dan menyelesaikan 80 program pembangunan di sektor perkeretaapian.

“Pembangunan infrastruktur transportasi di seluruh pelosok tanah air tersebut tentunya akan mendukung kelancaran distribusi logistik nasional, memudahkan mobilitas masyarakat, dan menunjang kegiatan perekonomian sehingga dapat menyejahterakan masyarakat,” ucapnya.

Kata Budi, pembangunan infrastruktur juga dibarengi dengan berbagai program lainnya, seperti subsidi operasional. Sehingga layanan transportasi semakin terjangkau, nyaman, dan berkeadilan.

Menurut Budi, bangsa Indonesia patut berbahagia karena saat ini telah hadir berbagai alternatif moda transportasi modern yang ramah lingkungan, nyaman, cepat, dan terintegrasi.

Di antaranya seperti Mass Rapid Transit (MRT), Light Rail Transit (LRT), Bus Rapid Transit (BRT), Whoosh, dan Autonomus Rail Transit (ART) yang baru-baru ini digunakan di Ibu Kota Nusantara.

“Implementasi teknologi transportasi modern itu menempatkan Indonesia menjadi negara yang patut diperhitungkan di kawasan Asia. Bahkan, yang juga menggembirakan, Whoosh yang kita miliki berhasil menjadi buah bibir masyarakat internasional,” katanya.