Bagikan:

JAKARTA - Indonesia menjadi negara pertama yang dikunjungi Paus Fransiskus dalam rangkaian kunjungannya di Asia-Pasifik.

Paus Fransiskus akan menggunakan mobil Paus atau dikenal sebagai Pope Mobile yang dibuat oleh PT Pindad.

Mobil khusus untuk Pemimpin Takhta Suci Vatikan yang disiapkan Indonesia ini akan digunakan untuk menyapa jemaat misa akbar di kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, sore nanti.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir turut memamerkan Maung MV3, mobil khusus untuk Paus ini di sosial media Instagramnya @erickthohir.

“PT Pindad membuat kendaraan khusus untuk Paus Fransiskus yang akan dipakai saat bertemu umat Katolik di Jakarta,” tulis Erick di Instagram resminya @erickthohir, dikutip Kamis, 5 September.

Erick mengatakan, ada desain khusus yang dibuat Pindad untuk menyesuaikan kebutuhan Paus Fransiskus.

Modifikasi juga dilakukan di bengkel milik BUMN Pertahanan tersebut.

“Kendaraan taktis berbasis Pindad Maung dimodifikasi menjadi ‘Pope Mobile’ atau kendaraan yang biasa digunakan Paus saat berkunjung. Keren ya,” katanya.

Sebelumnya diberitakan, Juru Bicara Panitia Kunjungan Paus Fransiskus, Romo Thomas Ulun Ismoyo mengatakan Paus Fransiskus akan datang ke acara Misa Akbar Paus Fransiskus di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) dengan menggunakan mobil terbuka.

“Paus akan datang dengan mobil terbuka yang sudah disiapkan oleh PT Pindad, Maung,” ujar Romo Thomas kepada wartawan di halaman Gereja Katedral, Jakarta, Rabu, 4 September.

Adapun kegiatan misa akbar ini nantinya akan diikuti 60.000 orang. Romo Thomas memerinci 26.000 di antaranya adalah komunitas pendidikan, anak sekolah, mahasiswa, dan guru serta dosen pendamping.

Pembuatan Pope Mobile Diawasi Langsung Tim Takhta Suci Vatikan

Kepala Biro Humas Setjen Kementerian Pertahanan RI Brigjen TNI Edwin Adrian Sumantha menjelaskan, persiapan kendaraan taktis buatan PT Pindad itu sesuai dengan arahan Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto.

Dalam prosesnya, diawasi langsung oleh Komisaris PT Pindad Letjen TNI Purn. Putranto bekerja sama dengan tim dari Takhta Suci Vatikan.

“Paus Fransiskus akan menggunakan mobil nasional buatan PT Pindad, yaitu Maung MV3, untuk inspeksi menyapa umat dalam acara Misa Suci di GBK. Mobil ini sudah dimodifikasi dengan penambahan rooftop untuk perlindungan dari panas dan hujan,” kata Brigjen Edwin di Jakarta, Selasa, 3 September, disitat Antara.

Edwin juga mengungkapkan bahwa Maung MV3 yang akan digunakan sebagai Pope Mobile itu dipersiapkan sejak Mei 2024.

“Kami berharap persiapan ini dapat memberikan kenyamanan dan keamanan maksimal bagi Paus Fransiskus selama kunjungannya di Indonesia,” katanya.