Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Bina Marga tengah melakukan preservasi untuk ruas Jalan Batas Kota Maros-Batas Kabupaten Bone.

Adapun jalan ini menghubungkan Kota Makassar sebagai pusat logistik di Indonesia Timur dengan Kabupaten Bone yang memiliki Pelabuhan Bajoe sebagai jalur alternatif penyeberangan ke Kendari, Sulawesi Tenggara.

"Jalan yang sempit di batas Kota Maros-Kabupaten Bone karena dinding batuan saat ini tengah dilebarkan dengan memotong tebing bebatuan tersebut," tulis Bina Marga di akun Instagram resminya @pupr_binamarga, dikutip Sabtu, 31 Agustus 2024.

Preservasi berupa pelebaran jalan dilakukan untuk meningkatkan konektivitas dan efisiensi logistik di Sulawesi Selatan.

Teknologi yang digunakan adalah Diamond Wire Saw (DWS) untuk memotong tebing bebatuan yang terasa menghimpit jalan yang sempit dan berkelok.

Diketahui, metode DWS minim getaran dan tidak merusak ekosistem, memungkinkan pemotongan batu tanpa menggangu lalu lintas dan menjaga kelestarian ekosistem.

"Setelah selesai, jalan ini akan lebih aman dan nyaman untuk dilalui. #MemudahkanJalanmu untuk akses logistik dari Makassar," tulis akun Direktorat Jenderal Bina Marga lagi.