Kebakaran Kilang Pertamina Balongan, 4 Warga yang Melintas Menderita Luka Bakar
Kilang Pertamina di Balongan, indramayu, Jawa Barat. (Foto: Dok. Pertamina)

Bagikan:

JAKARTA - Telah terjadi insiden di Kilang Pertamina Balongan yang menyebabkan terjadinya kebakaran pada tangki T-301G pada tanggal 29 Maret 2021 mulai sekitar pukul 00.45 dini hari.

SVP Corporate Communications & Investor Relations Pertamina Agus Suprijanto menyatakan, saat ini tim Health, Safety, Security, and Environment (HSSE) Kilang Pertamina Balongan tengah fokus melakukan pemadaman api di kilang yang berlokasi di Desa Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

"Penyebab kebakaran belum diketahui secara pasti, namun pada saat kejadian sedang turun hujan deras disertai petir. Saat ini juga tengah dilakukan normal shutdown untuk pengendalian arus minyak dan mencegah perluasan kebakaran," jelas Agus dalam keterangan tertulisnya, Senin 29 Maret.

Ia menambahkan, Pertamina telah menyiapkan tempat untuk evakuasi dan pengungsian sementara bagi warga sekitar di GOR Perumahan Bumi Patra dan Pendomo Kabupaten Indramayu. Pertamina meminta warga sekitar untuk tetap tenang, dan menjauh dari lokasi kebakaran.

"Saat insiden terjadi, ada 4 warga yang tengah melintas sehingga mengalami luka bakar dan langsung dirujuk untuk perawatan intensif di RSUD Indramayu," ujarnya.

Saat ini, ia mengatakan, dilakukan juga pemblokiran jalan menuju sekitar lokasi kejadian, dibantu oleh TNI.

"Dengan adanya insiden ini, Pertamina memastikan bahwa pasokan BBM ke masyarakat tidak terganggu dan saat ini masih berjalan normal," tutur Agus.