Bagikan:

JAKARTA - PT Pupuk Indonesia memiliki sejumlah langkah guna menarik minat generasi muda untuk menjadi petani di era modern.

Berdasarkan data BPS pada tahun 2023 menyatakan kontribusi petani muda turun drastis dengan jumlah 29 juta pada tahun 2023 dari sebelumya 31 juta petani.

Direktur Utama PT Pupuk Indonesia (Persero) Rahmad Pribadi mengatakan, pihaknya memiliki program Mari Kita Majukan Usaha Rakyat (Makmur) sebagai solusi menarik petani muda dan meningkatkan produktivitas pertanian dan kesejahteraan petani.

Dikatakan Rahmad, ada faktor-faktor yang mempengaruhi anak muda enggan menjadi petani antara lain kurangnya akses terhadap teknologi, keterbatasan akses terhadap pasar, hingga masalah kesejahteraan petani.

"Dengan program makmur, produktivtas pertanian menjadi 13 hingga 18 persen yang tergantung komoditasnya dan kesejahteraan petaninya bisa meningkat hingga 30 persen. Kita menggunakan teknologi biasanya petani muda pun ikut mengambil perannya," ujar Rahmad dalam Konferensi Pers Svarna Bhumi 2024 di Jakarta, yang dikutip Jumat, 30 Agustus

Langkah lain yang dilakukan, jelas Rahmad, adalah dengan mengggelar Jambore Makmur yang dilaksanakan setiap tahun dan melibatkan ribuan petani untuk saling berbagi pengalaman. Tak hanya petani, kegiatan ini juga menggandeng stakeholder untuk saling berbagi pengetahuan dan pemanfaatan teknologi dalam budidaya pertanian.

"Dengan ini mereka bisa dapatkan penghasilan lebih baik dengan berbincang dengan sesama petani maupun dengan stakeholder. Menurut saya pendekatan yang baik adalah meningkatkan kesejahteraan petani," sambung dia.

Melalui programm ini, Rahmad memastikan Pupuk Indonesia etlah membantu 107.642 petani atau 108 persen dari target 100.000 petani di tahun 2023. Tidak berhenti sampai di situ, programini juga berhasil mencapai target perluasan lahan seluas 358.885 hektare.

Langkah terakhir yang dilakukan Pupuk Indonesia adalah dengan memberika apresiasi terhadap pahlawan di bidang pangan yang melakukana inovasi di bidang pertanian melalui Svarna Bhumi Award.

Penghargaan diberikan kepada mereka, para pejuang yang telah berkontribusi pada masyarakat Indonesia dalam bidang pangan.

Acara penghargaan ini juga menggandeng Kick Andy untuk mendukung regenerasi petani yang bertujuan meningkatkan produktivitas petani sebagai penopang ketahanan pangan nasional.

"Kita apresiasi karya mereka serta pertontonkan inovasi mereka supaya memberikan inspirasi dan semangat bagi petani lainnya. Ini sesuai dengan mandat Pupuk Indonesia untuk menjaga ketahanan pangan nasional," pungkas dia.