Bagikan:

JAKARTA - Indonesia Financial Group, Holding BUMN Asuransi, Penjaminan, dan Investasi bersama Anggota Holdingnya mengimplementasikan spirit berkelanjutan dengan menggelar program Relawan Bakti BUMN (RBB) Batch VI di Banda Naira, Provinsi Maluku.

Dengan mengusung tema “Bakti untuk Surga dari Timur,” program tersebut fokus pada empat bidang utama, yakni lingkungan, pendidikan, usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), serta kesehatan. Keempat bidang tersebut berkaitan langsung dengan denyut kehidupan berkelanjutan masyarakat, karena menyasar pada bidang-bidang vital terkait kehidupan masyarakat.

Bekerja sama dengan Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Banda Neira, kegiatan tersebut berlangsung selama 2 hari, dari 15 - 17 Agustus 2024, dengan melibatkan empat Anggota Holding. PT Jasa Raharja menjadi penyelenggara utama, sedangkan IFG, PT Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo), PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo), PT Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo) sebagai pendukung.

Hadir pada kegiatan tersebut Dewi Aryani Suzana, Direktur Operasional PT Asuransi Kerugian Jasa Raharja, Dewi Utari, Direktur SDM dan Umum PT Asuransi Jasa Indonesia, Ryan Diastana Firman, Direktur Keuangan PT Asuransi Jiwa IFG yang juga mewakili BUMN Muda (Chief of Research and Policy BUMN Muda).

Direktur SDM IFG Rizal Ariansyah menjelaskan, partisipasi IFG dan Anggota Holding dalam kegiatan tersebut merupakan bagian dari komitmen untuk mendukung mengimplementasikan nilai-nilai AKHLAK di tengah masyarakat.

"Kami memberikan dukungan penuh untuk pelaksanaan program ini dan berharap kontribusi kami dapat mempertebal komitmen Kementerian BUMN yang hadir untuk memberikan dampak nyata dan positif bagi masyarakat," ujar Rizal, dalam keterangan tertulisnya, Jumat 23 Agustus.

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir menegaskan, program RBB tersebut sejalan dengan semangat untuk memperkuat implementasi AKHLAK secara langsung di masyarakat. Penegasan tersebut disampaikan pada saat pengumuman program Relawan Bakti BUMN melalui situs Human Capital Information System (HCIS) BUMN resmi dan sosial media resmi Kementerian BUMN.

"Implementasi dari core value AKHLAK bagi pegawai BUMN harus tampak di masyarakat. Program Relawan Bakti ini harus terus didorong agar masyarakat juga merasakan bahwa BUMN hadir dan memberikan dampak positif bagi peningkatan kesejahteraan, pengetahuan, dan perbaikan ekonomi di lingkungan mereka berada," tegas Menteri BUMN Erick Thohir.

Seperti diketahui, selain dari IFG dan Anggota Holding, turut hadir 10 karyawan BUMN terpilih, antara lain PT Waskita Karya, PT Wijaya Karya, PT Kilang Pertamina Internasional, Perum BULOG, PT Angkasa Pura II, PT PLN, PT Telkom, PT Sarinah, PT Pegadaian dan PT Bank BTN. Keterlibatan mereka difokuskan pada pengembangan UMKM, perlindungan lingkungan, serta peningkatan di bidang pendidikan dan kesehatan.

Rizal menambahkan, pelaksanaan RBB di tahun ini meliputi beberapa aktivitas, di antaranya pembuatan tong sampah dari bambu, pembersihan pantai di Taman Wisata Perairan Laut Banda, serta pembangunan istana mini untuk lokasi upacara.

Selain itu, terdapat pelatihan untuk Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD), pelatihan digital marketing untuk UMKM, kegiatan Relawan Mengajar di SD 92 Banda dan MIS Al Hilal Naira, serta pemberian makanan sehat bagi balita dan ibu hamil, pengolahan sampah plastik, dan penanaman pohon.

"Program ini membuka kesempatan bagi para insan BUMN untuk mengimplementasikan nilai-nilai AKHLAK di tengah masyarakat dengan terlibat langsung dalam berbagai kegiatan. Saya juga ingin menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi pada kesuksesan program ini. Ke depannya, saya berharap kegiatan serupa dapat terus dilaksanakan dan memberikan manfaat berkelanjutan bagi masyarakat," tutup Rizal.