Bagikan:

JAKARTA - Acara Corporate Sustainability Outlook 2024 yang mengusung tema Transforming Future with ESG Revolution sukses diselenggarakan di Soehanna Hall, Jakarta, Rabu 21 Agustus. Acara ini menjadi wadah penting bagi para pemimpin industri, praktisi ESG, serta para pemangku kepentingan untuk berbagi wawasan dan strategi dalam mewujudkan masa depan yang lebih berkelanjutan melalui penerapan ESG (Environmental, Social, and Governance).

Olahkarsa, yang berkolaborasi dengan Indonesia Corporate Secretary Association (ICSA), turut berperan penting dalam penyelenggaraan acara ini dengan menghadirkan berbagai pemangku kepentingan untuk membahas peran krusial ESG dalam menciptakan transformasi positif di dunia korporasi.

Dalam acara ini, berbagai narasumber terkemuka turut hadir untuk memberikan pandangan mendalam mengenai tantangan dan peluang dalam menerapkan ESG di berbagai sektor industri. Yaitu Prof. Rhenald Kasali, Ph.D., Ketua Asosiasi ESG Indonesia, Katharine Grace – Head of Corporate Secretary & Sustainability PT Bank Permata tbk, Edi Priyanto – Director of Human Resources PT Pelindo Multi Terminal, Sudarmadi Widodo – Human Capital & Corporate Communication Director Otsuka Group, Merry Andriati Surya - Kepala Departemen Komunikasi dan Literasi Divisi TJSL PT Pegadaian, Lany Harijanti – Regional Program Manager ASEAN GRI, Rony Suniyanto Djojomartono – Head of Index and ESG Business Development Unit di Indonesia Stock Exchange (IDX), Inka Prawirasasra – Head of Communication & Sustainability Sintesa Group, Indah Budiani - Executive Director Indonesia Business Council Sustainable Development (IBCSD).

Kemudian hadir juga Tiur Simamora - Corporate Secretary PT Industry Jamu & Farmasi Sido Muncul tbk, Lastyo Kuntoaji Lukito, S.T., M.IP - Chairman of Association of Carbon Emission Specialists Indonesia (ACEXI), Ferro Ferizka Aryawanda - Executive Director Pilar Foundation, Dr. Ir. Kiman Siregar, S.T., MP., M.Si, P.U. - Ketua dari Indonesia Life Cycle Assessment Network (ILCAN), Tito Aribowo - Executive Director Green Building Council Indonesia, Danial Ahmad - Manager Sustainability Rating & Reporting PT Pertamina (Persero) dan juga Novia Arifin - Influencer and Founder of Ceritanupi.

Acara ini terdiri dari berbagai kegiatan yang memberikan inspirasi untuk seluruh tamu yang hadir, Seperti Sustainability Leadership Forum dan Sustainable Business Exhibition. Juga peluncuran Indonesia ESG Outlook Report 2024 yang merupakan kolaborasi antara Olahkarsa dan ICSA dalam menyediakan laporan dan informasi terkini tentang penerapan praktik ESG di sektor bisnis Indonesia.

Head of Corporate Secretary & Sustainability PT Bank Permata Tbk, Katharine Grace, yang dalam hal ini juga merupakan Ketua Umum dari Indonesia Corporate Secretary Association, dalam sambutannya mengaku senang ICSA dapat berkolaborasi dengan Olahkarsa untuk mempromosikan ekosistem bisnis berkelanjutan.

"Karena pembangunan berkelanjutan telah menjadi tren internasional, dan banyak negara semakin menekankan pengungkapan inisiatif lingkungan, sosial, dan tata kelola (ESG) oleh perusahaan. ESG dengan cepat menjadi titik fokus pembangunan berkelanjutan sebagai konsep investasi dan standar penilaian perusahaan. kami berharap sharing dan diskusi di Soehanna Hall ini akan bermanfaat bagi seluruh peserta," ujar Katharine.

Co-Founder & CEO Olahkarsa, Unggul Ananta juga menyampaikan pandangannya mengenai acara ini.

"Acara ini menjadi bukti bahwa kesadaran dan komitmen terhadap ESG semakin kuat di kalangan pelaku industri. Kami bangga menjadi bagian yang berkontribusidan akan terus mendorong implementasi ESG secara menyeluruh demi masa depan yang lebih baik," kata Unggul.

Prof. Rhenald Kasali Ph.D, sebagai keynote speaker pada Corporate Sustainability Outlook 2024, menyampaikan bahwa acara yang menjadi wadah bagi berbagai pihak untuk lebih mawas akan perkembangan ESG sendiri sangat bagus dan apik, terbukti dengan hadirnya berbagai kalangan pada acara ini terutama kalangan anak muda.

Olahkarsa menyampaikan rasa terima kasih yang mendalam kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam kesuksesan acara ini, termasuk para pembicara, peserta, sponsor, dan seluruh mitra yang telah bekerja sama dalam mewujudkan Corporate Sustainability Outlook 2024 sebagai forum inspiratif yang memperkuat komitmen bersama untuk masa depan yang lebih berkelanjutan.