Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) pamer selama pemerintahannya 10 tahun, sudah hampir seluruh wilayah Indonesia telah dialiri listrik. Bahkan, persentasenya mencapai 99 persen hingga 2024 ini.

Hal ini disampaikan Jokowi dalam Pidato Kenegaraan dalam Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR dan DPD, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat, 16 Agustus.

Lebih lanjut, Jokowi juga bilang, angka elektrifikasi sudah menjangkau hingga 99 persen wilayah di Indonesia. Adapun cakupan ini juga menyasar daerah-daerah terpencil.

“Cakupan elektrifikasi terus kita perluas hingga mencapai 99 persen di tahun 2024, tahun ini,” tutur Jokowi dalam pidatonya.

Tak hanya cakupan listrik, Jokowi juga menyampaikan sambungan internet sudah bisa diakses ke mayoritas wilayah di Indonesia. Dimana angkanya mencapai 79 persen wilayah di Tanah Air.

“Demikian juga dengan cakupan internet yang terus kita tingkatkan hingga mencapai 79 persen di tahun 2024,” katanya.

Jokowi bilang elektrifikasi dan sambungan internet tersebut bisa bermanfaat untuk meningkatkan kualitas di berbagai daerah di Indonesia.

Termasuk, kata dia, meningkatkan kelas Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Indonesia.

“Ini akan menjadi ekosistem yang baik untuk mendorong digitalisasi UMKM dan pengembangan start up Indonesia. Sehingga akan melahirkan semakin banyak entrepreneur muda yang berkualitas di negeri ini,” ucapnya.