Di Sulawesi Barat, Ada 40 Desa yang Belum Dialiri Listrik
Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar (Foto: ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Sebanyak 93,80 persen dari sekitar 660 desa yang ada di Provinsi Sulawesi Barat telah dialiri listrik dari PLN. Artinya, masih ada 40 desa yang belum mendapat pasokan listrik.

"Berkat kerja keras pemerintah maka 93,80 persen desa yang ada di Sulbar telah mendapatkan listrik sebagai sentuhan pembangunan yang dijalankan pemerintah," kata Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar di Mamuju, Kamis, 24 September.

Empat kabupaten di Sulbar yang memiliki desa hingga 100 persen telah dialiri listrik ke pemukiman masyarakatnya.

"Kabupaten yang seluruh desanya dialiri listrik diantaranya adalah Kabupaten Majene, Polman, Polman dan Mamuju Tengah," katanya.

Menurut dia, pemerintah di Sulbar akan terus berupaya sehingga Sulbar yang memiliki enam Kabupaten seluruh desanya mendapatkan pelayanan kelistrikan. Ia menyampaikan, dengan terailirinya listrik di desa di Sulbar diharapkan dapat meningkatkan aktivitas ekonomi masyarakat.

"17 tahun Sulbar berdiri pemerintah telah berbuat peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan membuat listrik dinikmati masyarakat agar dapat terbantu melaksanakan aktivitas ekonomi meningkatkan kesejahteraannya," katanya dikutip dari ANTARA.

Ia juga menyampaikan pemenuhan kebutuhan kelistrikan di Sulbar tersebut selain dari listrik PLN, pemerintah Sulbar juga telah membangun infrastruktur kelistrikan untuk mendukung pemenuhan kebutuhan listrik di Sulbar yakni sejak 2017 telah dibangun dua pembangkit listrik mikro hidro(PLTMH) di Sulbar.

Selain itu, ada juga pembangkit listrik tenaga Surya (PLTS) yang dibanun sebanyak lima unit 2018 dan pada 2019 juga dibangun listrik hemat energi 3956 unit serta listrik mudah 84w unit.