Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin sidang kabinet paripurna di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, pada pagi hari ini. Dalam sambutannya, dia bilang agenda kali ini istimewa.

Jokowi pun menjelaskan istimewa karena pertama kalinya sidang kabinet diselenggarakan di IKN, Kalimantan Timur.

“Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, pada pagi hari ini kita bisa melakukan sidang paripurna yang istimewa, karena dilaksanakan pertama kali di Ibu Kota Negara, Nusantara,” katanya dalam pembukaan sidang kabinet paripurna, dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Senin, 12 Agustus.

Jokowi lantas mengatakan bahwa tidak semua negara memiliki kesempatan dan kemampuan untuk membangun ibu kota negara dari nol.

“IKN adalah sebuah kanvas yang mengukir masa depan dan tak semua orang tak semua negara dan tak semua negara memiliki kesempatan memiliki kemampuan untuk membangun ibu kotanya yang dimulai betul-betul dari nol,” jelasnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga menjelaskan bahwa IKN, Kalimantan Timur dibangun dengan konsep kota hutan atau forest city, kota yang penuh dengan kondisi yang hijau.

“Bukan kota beton atau bukan kota kaca. Juga smart city kota yang ditopang dengan teknologi dalam setiap aktivitas kotanya dan juga liveable city, kota yang nyaman ditinggalinya,” katanya.

Jokowi juga menceritakan kondisi udara di IKN pagi tadi. Dia bilang udara di kawasan tersebut sangat sejuk, dingin dan segar.

“Kita merasakan pagi tadi betapa sangat sejuk, dingin dan segar pada pagi hari ini, karena air quality indeksnya memang sangat rendah sekali yaitu di angka 6. Padahal maksimalnya di angka 50. Dan hampir banyak kota sekarang ini sudah di atas 50,” ucapnya.