Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyampaikan adanya penambahan lajur ketiga di ruas Tol Cikopo-Palimanan (Cipali).

"Saat ini, sedang berlangsung di KM 87+350 hingga KM 110+359 yang terletak di Kabupaten Subang, Jawa Barat," demikian bunyi keterangan PUPR di akun Instagram resminya @kemenpupr, Kamis, 8 Agustus.

Penambahan lajur ini dilakukan pada bagian median jalan dengan mengubah jalur yang sebelumnya terdiri dari dua lajur dan satu bahu jalan menjadi tiga lajur dan satu bahan jalan.

"Perubahan ini berlaku untuk kedua arah, baik menuju Cirebon maupun Jakarta," katanya.

Adapun proyek ini direncanakan akan selesai dalam kurun waktu tujuh bulan ke depan. "Diharapkan dengan adanya perluasan jalan tol ini, arus mudik Lebaran tahun depan akan menjadi lebih lancar," jelas PUPR.

Sebelumnya, pada 2023, penambahan lajur ketiga juga telah selesai di KM 72+109 hingga KM 85+850 serta di sekitar Rest Area KM 86, KM 102 dan KM 130.

Sekadar informasi, Tol Cipali resmi beroperasi sejak 13 Juni 2015 silam. Keberadaan tol ini dapat memangkas rute Cikampek-Palimanan hingga 40 kilometer (km) dibandingkan melewati jalur pantai Utara (Pantura).