Bagikan:

JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi bercerita telah dua hari berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Selama dia IKN, Budi menempati Rumah Tapak Jabatan Menteri (RTJM).

Budi mengatakan hari-harinya diisi dengan beberapa rapat bersama sejumlah pihak di rumah dinasnya tersebut. Salah satunya, mengkoordinasikan pembangunan dan pengembangan transportasi pintar Autonomous Rail Transit (ART) atau trem otonom.

“Dua hari ini saya di kediaman rumah menteri di IKN. Saya melakukan berbagai koodinasi di antaranya adalah mengkoordinasikan berkaitan persiapan dari ART,” katanya dikutip dari Instagram @budikaryas, Jumat, 12 Juli.

Di hari kedua berkantor di IKN, Budi meninjau langsung proyek transportasi untuk memastikan semuanya berijalan sesuai dengan rencana. Salah satunya meninjau jalur ART.

“Tadi pagi kami secara detail melihat sumbu barat, kemudian sumbu timur, sumbu kebangsaan, memastikan bahwa line atau jalan yang digunakan ART sudah mulai dilaksanakan,” jelasnya.

Trem Otonom Beroperasi Agustus

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan bahwa rangkaian trem otonom atau Autonomous Rail Transit (ART) dijadwalkan tiba akhir bulan ini di Ibu Kota Nusantara (IKN), Panajem Paser Utara, Kalimantan Timur.

Hal ini disampaikan Menhub saat meninjau lokasi jalur trem otonom di Jalan Sumbu Kebangsaan pada Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN, Jumat, 12 Juli.

“Rangkaian trem otonom telah dikirim dari China pada awal Juli 2024. Menurut perhitungan, kapal ekspedisi yang mengangkut Trem otonom tersebut akan tiba di Pelabuhan Balikpapan dan dijadwalkan tiba di IKN pada akhir Juli 2024 setelah proses kepabeanan selesai,” tuturnya dalam keterangan resmi, Jumat, 12 Juli.

Budi pun optimistis trem otonom tanpa rel tersebut dapat beroperasi di IKN pada bulan Agustus mendatang.

“Dengan demikian, trem otonom dipastikan sudah bisa beroperasi pada Agustus 2024,” ujarnya.

Setelah sampai di IKN, sambung Budi, komponen trem otonom rencananya akan dirakit dan mulai diuji coba secara internal. Kemudian, akan dilakukan pula persiapan dan pelaksanaan pengujian bersama, dilanjutkan dengan pelaksanaan Proof of Concept (POC) pada Agustus 2024.

Lebih lanjut, Budi menjelaskan rencana showcase alias unjuk kerja akan dilaksanakan pada Oktober hingga Desember 2024.

“Semoga jadwal ini dapat terealisasi sesuai rencana, dan trem otonom di IKN benar-benar bisa menginspirasi kota-kota lain di Indonesia dalam hal mengembangkan transportasi cerdas,” jelasnya.