Bagikan:

JAKARTA - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mencatat pada periode Januari sampai Juni 2024, Kereta Cepat Whoosh sudah melayani sebanyak 2.658.492 penumpang. Dengan demikian, kini sudah 3,8 juta penumpang Whoosh yang dilayani sejak dioperasikan secara komersial pada Oktober 2023.

Pada semester I 2024, rata-rata volume penumpang bulanan KCIC mencapai 443.000 penumpang per bulan. Puncaknya terjadi pada Juni 2024 dengan total penumpang mencapai 535.000 penumpang per bulan.

Sementara sebelumnya rata-rata penumpang harian KCIC di semeter I-2024 mencapai 14.600 penumpang per hari. Jumlah tersebut terus mengalami peningkatan hingga puncaknya di bulan Juni 2024 rata-rata penumpang perhari mencapai 17.800 penumpang per hari.

GM Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengatakan sejak bulan Januari 2024, volume penumpang terus menunjukan peningkatan mulai April, Mei, hingga Juni 2024.

“Peningkatan ini terjadi karena beberapa faktor seperti kepercayaan masyarakat yang terus tumbuh dari waktu ke waktu melalui layanan pemesanan rombongan dan frequent Whoosher yang dihadirkan untuk pengguna rutin yang juga mengalami peningkatan, selain itu adanya momen libur lebaran, long weekend dan libur sekolah juga menjadi salah satu faktor pendukung,” ujar Eva dalam keterangan resmi, Jumat, 5 Juni.

Berbagai peristiwa penting menghiasi perjalanan KCIC di semeter I-2024, penerapan tarif dinamis, long weekend, angkutan libur lebaran, angkutan libur sekolah, peresmian layanan batal dan ubah jadwal online, layanan contact center, dan frequent Whoosher Card.

Eva menambahkan, rata-rata okupansi Whoosh juga terus terjaga di 60 hingga 70 persen di luar jam sibuk dan 80 hingga 100 persen pada jam sibuk pagi dan sore hari. Penumpang pebisnis, wisatawan, pelajar, perorangan, dan rombongan silih berganti menggunakan Whoosh secara rutin.

“KCIC siap menyambut SMT 2 2024 dengan penuh rasa optimis. Berbagai peningkatan pelayanan disiapkan oleh KCIC untuk meningkatkan kenyamanan seluruh penumpang Whoosh,” tutup Eva.