Bagikan:

JAKARTA - PT Vale Indonesia Tbk (INCO) menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Tahun Buku 2023 dan menetapkan jajaran direksi dan komisaris baru.

Hal ini menyusul proses divestasi saham sebesar 14 persen kepada MIND ID yang menyebabkan Indonesia menjadi pemegang saham terbesar di Vale Indonesia.

Presiden Direktur Vale, Febriany Eddy mengatakan, proses divesasi sejatinya tengah berlangsung dan harus melalui dua proses yakni primary dan secondary.

"Closing dari transaksi kita harapkan bisa tuntas semua di Juni ini, setelah closing divestasi ini maka efektif komposisi direksi yang baru," ujarnya dalam konferensi pers di Jakarta, Senin 10 Juni.

Febriany memaparkan, dalam RUPST ini pemegang saham menetapkan 7 dewan direksi yakni Presiden Direktur yang masih diduduki Febriany Eddy, Vice President Director sekaligus Chief Operation and Infrastructure Officer yaitu Abu Ashar.

Kemudian Chief Sustainability and Corporate Affairs Officer diduduki oleh Bernardus Irmanto yang sebelumnya menduduki jabatan sebagai Chief Financial Officer. Adapun jabatan Direktur and Chief Financial Officer dipegang oleh Rizky Andhika Putra.

Adriansyah Chaniago menjadi Chief Human Capital Officer, Luke Mahony menjadi Chief Corporate Strategy and Technical Officer dan terakhir Muhammad Asril menjabat sebagai Chief Projct Officer.

Kemudian pada jajaran komisarisnya, anak buah Luhut, Muhammad Rachmat Kaimuddin diangkat sebagai Presiden Komsiaris dari sebelumnya menduduki jabatan sebagai Wakil Presiden Komisaris.

Asal tahu saja, Rachmat Kaimuddin saat ini memiliki jabatan di Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi sebagai Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi.

Dengan demikian, berikut jajaran komisaris dan direksi terbaru PT Vale Indonesia Tbk:

Presiden Komisaris: Muhammad Rachmat Kaimuddin

Wakil Presiden Komisaris: Emily Olson

Komisaris: Fabio Ferraz

Komisaris: Kristina Litzinger

Komisaris: M. Jasman Panjaitan

Komisaris: Edi Permadi

Komisaris: Yusuke Niwa

Komisaris Independen: Rudiantara

Komisaris Independen: Raden Sukhyar

Komisaris Independen: Marita Alisjahbana

*Masa jabatan Raden Sukhyar akan berlaku efektif sejak ditutupnya RUPST 2024 sampai dengan 12 (dua belas) bulan sejak penutupan RUPST ini.

Direksi:

Presiden Direktur & Chief Executive Officer: Febriany Eddy

Wakil Presiden Direktur & Chief Operation and Infrastructure Officer: Abu Ashar

Direktur & Chief Human Capital Officer: Adriansyah Chaniago

Direktur & Chief Sustainability and Corporate Affairs Officer: Bernardus Irmanto

Direktur Independen & Chief Financial Officer: Rizky Andhika Putra

Direktur Independen & Chief Project Officer: Muhammad Asril

Direktur Independen & Chief Strategy and Technical Officer: Luke Mahoney