Bagikan:

JAKARTA - Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyerahkan aset tiga pelabuhan di Teluk Palu kepada Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Teluk Palu, usai dilakukan rehabilitasi.

“Penyerahan tersebut setelah penandatangan Berita Acara Serah Terima Aset (BASTA) Pelabuhan Teluk Palu, yaitu Pelabuhan Donggala, Pelabuhan Wani, dan Pelabuhan Pantoloan dari Satuan Kerja (Satker) Peningkatan Fungsi Kepelabuhanan Pusat kepada KSOP Kelas II Teluk Palu,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub Antoni Arif Priadi dikutip dari ANTARA, Selasa, 21 Mei.

Penandatanganan BASTA tersebut dilaksanakan oleh Direktur Kepelabuhanan Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub Muhammad Masyhud dengan Kepala KSOP Kelas II Teluk Palu Alexander Seleng Allokendek yang disaksikan oleh Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub Antoni Arif Priadi.

Antoni mengatakan, pekerjaan rehabilitasi dan rekonstruksi Pelabuhan Teluk Palu bertujuan untuk melakukan pemulihan infrastruktur pelabuhan yang terdampak pascabencana alam termasuk pemulihan ekonomi masyarakat sekitar di mana Pelabuhan Teluk Palu merupakan salah satu hierarki pelabuhan utama di wilayah tengah Indonesia.

Dia mengatakan, pekerjaan pelabuhan dilakukan sejak November Tahun 2019 sampai dengan Maret 2024 melalui Loan Agreement antara Pemerintah Republik Indonesia dan Asian Development Bank (ADB) terhadap Loan No. 3792-INO: Emergency Assistance for Rehabilitation and Reconstruction (EARR).

"Oleh karena itu, saya ucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak khususnya Direktorat Kepelabuhanan dan Penyedia Jasa Konstruksi yang telah bekerjasama dalam membantu terselesaikannya proyek pekerjaan rehabilitasi dan rekonstruksi Pelabuhan Teluk Palu," ujarnya.

Antonu berharap, seluruh hasil pekerjaan dapat berfungsi dengan baik dan bermanfaat bagi seluruh pihak khususnya KSOP Kelas II Teluk Palu, sehingga fasilitas-fasilitas tersebut dapat digunakan untuk mendorong kemajuan perekonomian daerah maupun nasional.

“Dan membangun konektivitas transportasi nasional serta menciptakan keselamatan pelayaran," ujar Antoni.