Bagikan:

YOGYAKARTA – Dalam menjalankan suatu perusahaan, pengusaha harus tahu apa reputasi bisnis yang berhubungan dengan citra terhadap masyarakat khususnya konsumen. Reputasi baik perusahaan ikut berperan meningkatkan keberhasilan menjual produk. Sebaliknya, reputasi yang buruk juga akan mempersulit proses bisnis.

Artikel ini akan memberikan informasi tentang pengertian reputasi bisnis, faktor yang mempengaruhi, hingga cara meningkatkannya.

Apa Itu Reputasi Bisnis

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, reputasi diartikan sebagai perbuatan dan sebagainya sebagai sebab mendapat nama baik. Dengan demikian reputasi bisnis berkaitan dengan nama baik perusahaan atau personal yang menjalankan bisnis.

Reputasi perusahaan yang menjalankan bisnis juga bisa diartikan sebagai cara pandang publik pada perusahaan dengan berbagai aspeknya termasuk bagaimana mereka beroperasi hingga produk yang dihasilkan.

Perlu diketahui bahwa reputasi bisa berarti baik namun bisa sebaliknya. Reputasi akan berubah jika tak dijaga dengan baik. Reputasi bisnis tidak dikendalikan oleh perusahaan, akan tetapi ada campur tangan  pihak lain. Akan tetapi perusahaan punya wewenang untuk menjernihkan reputasinya dengan berbagai cara.

Membangun reputasi bisnis dalam artian positif tidak bisa dilakukan secara cepat. Sebaliknya, reputasi bisnis yang buruk bisa tercipta dalam waktu singkat. Oleh karena itu pihak manajemen perusahaan harus terus melakukan evaluasi menyeluruh untuk menjaga agar reputasi tetap di ambang batas yang ditentukan.

Seberapa Penting Reputasi dalam Bisnis?

Secara umum reputasi dalam bisnis jadi semacam screening tahap awal yang dilakukan oleh konsumen. Di tahap ini, konsumen akan menimbang apakah produk atau perusahaan yang ditimbang bisa mendapat kepercayaan atau tidak.

Jika reputasi bisnis perusahaan jelek maka konsumen atau pihak lain yang berkepentingan akan mengurungkan niatnya terhubung dengan perusahaan tersebut. Tent saja berlaku sebaliknya, jika perusahaan menunjukkan reputasi yang baik maka konsumen akan menaruh kepercayaan terhadap produk yang dikeluarkan atau hal lain yang berkaitan dengan perusahaan tersebut.

Keputusan konsumen itu juga ikut menentukan apakah perusahaan bisa berkembang di masa mendatang atau tidak.

Tips Meningkatkan Reputasi Bisnis

Jika Anda menjalankan perusahaan di bidang bisnis, cobalah untuk mengikuti tips meningkatkan reputasi positif perusahaan berikut ini.

  1. Dimulai dari Internal Perusahaan

Memperbaiki reputasi harus dimulai dari tingkat internal. Reputasi baik akan mulai menyebar dari kalangan para pekerja lebih dulu ke masyarakat.

  1. Meningkatkan kualitas dan nilai

Poin ini berkaitan dengan produk baik jasa maupun barang. Produk bisnis jadi cerminan bagaimana perusahaan dibangun dan dijalankan.

  1. Perlakukan Karyawan Secara Fair

Karyawan adalah aset penting dalam sebuah bisnis. Perusahaan dengan reputasi baik akan memperlakukan para pekerjanya secara fair agar mereka tetap loyal kepada perusahaan. Sebaliknya, memperlakukan karyawan secara tidak fair justru menyulitkan perusahaan karena akan terus terjadi bongkar pasang jabatan. Saat itu terjadi, perusahaan akan disibukkan dengan proses rekruitmen yang dikhawatirkan akan menurunkan kualitas produk bisnis.

Selain terkait apa itu reputasi bisnis kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.