Bagikan:

JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup melemah 0,22 persen atau turun 15,50 poin ke angka 7.083,76 pada perdagangan Selasa 14 Mei. Bagaimana prediksinya untuk hari ini, Rabu 15 Mei?

Phintraco Sekuritas melihat, adanya pola inverted dragonfly doji yang terbentuk pada laju pergerakan IHSG Selasa kemarin. Hal tersebut mengindikasikan tekanan jual yang masih cukup besar terhadap IHSG.

Kemudian, berdasarkan Stochastic Relative Strength Index (RSI) menunjukkan breaklow level pivot 50 persen. Hal ini dapat memperkuat potensi konsolidasi lanjutan dalam rentang 7.000-7.200 dengan pivot di 7.100 pada Rabu.

Penjualan ritel domestik mengalami pertumbuhan sesuai perkiraan mencapai 9,3 persen year on year (YoY) di Maret 2024 dari sebelumnya di angka 6,4 persen YoY di Februari 2024. Adapun Indeks Keyakinan Konsumen mengalami kenaikan ke angka 107,7 di April 2024.

“Kedua data ini mengindikasikan bahwa konsumsi domestik masih relatif solid dan bisa diandalkan untuk menjaga pertumbuhan ekonomi di atas 5 persen YoY,” jelas riset Phintraco Sekuritas.

Selain sentimen domestik, pergerakan IHSG selanjutnya akan merefleksikan respons pasar terhadap pidato Kepala the Fed Jerome Powell. Pidato ini merupakan pidato pertama Powell pasca rilis data ketenagakerjaan Amerika Serikat (AS) yang melemah.

Lebih lanjut, CME FedWath Tools mencatat peluang pemangkasan suku bunga acuan di September 2024 kembali meningkat ke level 49,6 persen.

Adapun saham-saham yang bisa diperhatikan untuk hari ini menurut Phintraco Sekuritas, di antaranya BBRI, BRIS, INDF, ICBP, dan ISAT.