Bagikan:

JAKARTA - PT PGN Tbk menyalurkan gas bumi sampai dengan 9.49 BBTUD ke smelter Manyar milik PT Freeport Indonesia yang merupakan smelter tembaga.

Asal tahu saja, smelter ini merupakan salah satu tempat pengolahan tembaga terbesar di dunia untuk saat ini.

Direktur Strategi dan Pengembangan Bisnis PGN, Rosa Permata Sari mengatakan, penyaluran gas bumi ke PT Freeport Indonesia ini merupakan kontrak jangka panjang yang diikat dalam Perjanjian Jual Beli Gas (PJBG).

Rosa menambahkan, PGN akan menjaga performa layanan dalam menyediakan infrastruktur gas yang memadai dan ketahanan pasokan yang terjaga agar nilai lebih dari gas bumi dapat diserap pelanggan secara optimal.

“Subholding Gas pada prinsipnya selalu mendukung langkah Pemerintah guna mendukung kemajuan industri nasional. Kerja sama ini punya arti penting bagi kami karena PT Freeport Indonesia merupakan konsumen dengan penyerapan gas yang besar," ujar Rosa kepada wartawan, Senin, 6 Mei.

Adapun, gas bumi yang tersalur nanti akan diperuntukkan pada sektor smelter, acid plant dan PMR.

Pada kesempatan yang sama, Presiden Direktur PTFI, Tony Wenas mengharapkan PGN dapat menjaga sustainability dan kehandalan pasokan gas bumi untuk mendukung produksi dan program hilirisasi tambah pemerintah.

“Kita mengucapkan banyak terima kasih kepada PGN telah melaksanakan PJBG yang dilanjutkan dengan proses gas in," ujar Tony.