IHSG Selasa Diproyeksi Menguat Menuju 7.200
Ilustrasi. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan diprediksi menguat pada perdagangan hari ini, Selasa 30 April, setelah kemarin melonjak 119,7 poin atau 1,17 persen ke level 7.155,7.

Phintraco Sekuritas dalam risetnya memprediksi IHSG kemarin rebound disaat pelaku pasar wait and see. IHSG hari ini diperkirakan bergerak pada resistance 7.200, pivot 7.150, support 7.100.

Phintraco Sekuritas menjelaskan, akumulasi beli dapat dilakukan apabila IHSG hari ini membentuk konfirmasi rebound ke 7.200.

"Pasalnya, secara teknikal terdapat critical resistance area di 7.175-7.200," tulis Phintraco Sekuritas.

Phintraco Sekuritas menegaskan, pelaku pasar masih wait and see, terutama terhadap FOMC di 1 Mei 2024 dini hari WIB. Adanya upaya de-eskalasi konflik geopolitik di Timur Tengah berpotensi terus menekan harga komoditas, khususnya minyak bumi ke kisaran US$ 80 per barel.

"Kondisi ini berpotensi mempercepat ekspektasi timeframe pemangkasan suku bunga acuan the Fed saat ini di September," jelas riset Phintraco Sekuritas.

Dari dalam negeri, Phintraco Sekuritas menyebutkan, realisasi pertumbuhan ekonomi kuartal I 2024 yang akan dirilis pada pekan depan juga berpotensi mempengaruhi arah aliran dana investor asing. Kementerian keuangan RI memperkirakan realisasi pertumbuhan ekonomi berada di 5,17 persen yoy di kuartal I 2024, lebih tinggi dari 5,04 persen yoy di kuartal IV 2023.

"Capital outflow dapat diredam, jika realisasi sesuai perkiraan, atau berada di atas perkiraan," jelas Phintraco Sekuritas.

Phintraco Sekuritas merekomendasikan delapan saham untuk hari ini, yakni TLKM, HRUM, TINS, INCO, MDKA, ANTM, MAPI dan JSMR.