Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan pembangunan Jembatan Gantung Cisarum di Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Jembatan yang membentang di atas Sungai Cisadane ini menghubungkan Desa Cibeuteung Muara, Kecamatan Ciseeng dengan Desa Rumpin, Kecamatan Rumpin.

"Jembatan ini bentangnya 120 meter (m) menggunakan rangka baja dan strukturnya menggunakan cable stayed," ujar Asisten Pelaksanaan & Pengawasan Satker PJN V Jawa Barat Adrianto Putra dalam unggahan video di akun Instagram resmi @kemenpupr, Senin, 29 April.

Adrianto mengatakan, ada sejumlah manfaat dengan dibangunnya jembatan gantung tersebut. Pertama, untuk memudahkan konektivitas antara dua Desa, yaitu Desa Rumpin dan Desa Cibeuteung. Selain itu, untuk membuka perekonomian juga. "Dan kebetulan di sini ada wisata religi," katanya.

Salah satu warga bernama Rudianto menyebut, pembangunan Jembatan Gantung Cisarum sangat bagus. Sebab dengan adanya jembatan itu, kini dirinya hanya memerlukan waktu sekitar 15 menit untuk sampai di rumah.

"Menurut saya, pembangunannya sangat bagus, ya. Soalnya saya kalau pulang itu harus mutar ke arah Muncung, ke Kuta tutup. Sekarang saya lewat (Jembatan Gantung Cisarum) itu memangkas waktu sekitar 15 menit yang asalnya sekitar 30 menit," ucap dia.

"Jalannya juga enak, halus. Terus saya tinggal lurus saja, sudah sampai rumah sekarang," tambahnya.